Al-Amien Prenduan, TMI— Pengasuh TMI, KH. Dr. Ghozi Mubarok, M.A., pada Wisuda Alumni TMI ke XLVII Putra dan XXXIII Putri, Rabu (23/03), apresiasi penerbitan karya ilmiah lulusan TMI dalam jurnal ilmiah.

“Tahun ini kita memprakarsai penerbitan jurnal ilmiah, yang seluruhnya berisi tulisan-tulisan para wisudawan dan wisudawati ini. Edisi pertamanya tahun ini, dan kita insyaAllah akan lanjutkan tradisi itu di tahun-tahun berikutnya” ungkap anggota Majlis Kiai Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan ini.

Lebih lanjut Kiai Ghozi menginformasikan bahwa nama jurnalnya adalah Jurnal Nihaiyyat yang bisa diakses secara daring.  Jurnal ini diharapkan sebagai media dokumentasi dan peningkatan penelitian serta karya ilmiah santri kelas akhir.

“Tentu saja di tahun-tahun awal ini, mungkin prioritasnya baru pada tingkat dokumentasi tulisan. Tetapi kita berharap ditahun-tahun berikutnya jurnal yang kita terbitkan ini selain berfungsi sebagai dokumentasi karya ilmiah mereka, juga berfungsi untuk meningkatkan secara simultan kualitas penelitian dan penulisan karya ilmiah yang dilakukan oleh santri-santri kelas akhir.” tambah kiai kelahiran tahun 1980 tersebut.

Baca Juga: Tutup TMI Menulis 2022 dengan Launching 22 Judul Buku Karya Santri

Artikel jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh lulusan TMI ini adalah adaptasi dari paper ilmiah yang wajib ditulis dan menjadi salah satu program unggulan niha’ie.

“Salah satu program niha’ie yang harus mereka lalui adalah melakukan penelitian ilmiah dan menuliskannya dalam paper sederhana. Ditulis dan dibimbing dan juga diujikan. Jadi, sekalipun mereka adalah lulusan-lulusan TMI yang setingkat dengan aliyah di luar sana. Tapi yang dilakukan mereka adalah setingkat dengan apa yang dilakukan oleh para sarjana” imbuh Kiai Ghozi diiringi tepuk tangan para hadirin.

Lebih lanjut beliau menuturkan bahwa di tahun ini, sebagaimana tradisi di TMI Al-Amien Prenduan, para wisudawan dan wisudawati menerbitkan buku-buku karya mereka sendiri. Untuk tahun ini keseluruhan jumlah buku yang berhasil diterbitkan sebanyak 134 buku, 20 buku di antaranya terbitan santri putra dan kesemuanya telah ber-ISBN dan 114 buku di antaranya adalah terbitan santri putri dengan  dengan  50 buku telah ber-ISBN.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, jumlah ini sebetulnya relatif lebih sedikit. Meskipun demikian, Pengasuh Ma’had TMI berharap mudah-mudahan hanya kuantitasnya saja yang menurun.

“Kualitasnya mudah-mudahan semakin membaik, meningkat, dan lebih sempurna dari kawan-kawan sebelumnya,” tutur beliau.

Sebagai informasi perhelatan wisuda tahun ini bertepatan dengan momentum peringatan kesyukuran 50 tahun TMI, sehingga bisa dianggap sebagai wisuda emas. Kiai Ghozi berharap bukan hanya wisudanya yang emas, namun juga menjadi wisudawanya yang emas, yang cemerlang, yang mampu membanggakan orang tua dan guru.

“Wisuda kita di tahun ini bertepatan dengan peringatan dan kesyukuran 50 tahun TMI Al-Amien, setengah abad TMI. Jadi boleh dibilang wisuda anak kita ini adalah wisuda emas” ungkap doktor ilmu tafsir ini.

Baca Juga; Tiga Guru Pengabdian TMI Sandang Gelar Wisudawan Terbaik

Total peserta wisuda tahun ini berjumlah 466, terdiri dari peserta wisuda putra berjumlah 216 orang dan peserta wisuda putri berjumlah 250 orang. (Az)

3 thoughts on “Wisuda Emas, Lulusan TMI Terbitkan Jurnal Ilmiah

  1. Pingback: Tutup Kesyukuran 50th TMI, Gelar TMI Award dan Umumkan Jawara STB Nasional Tahun 2022 | TMI Al-Amien Prenduan

  2. Pingback: Alumni TMI Terpilih Menjadi Juri Al-Qur’an dan Adzan Internasional | TMI Al-Amien Prenduan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.