SAG TMI

TUTORIAL PENGGUNAAN

SISTEM ADMINISTRASI GURU (SAG)

TMI AL-AMIEN PRENDUAN

Sistem Administrasi Guru (SAG) merupakan sistem informasi yang dibangun oleh TMI bersamaan dengan SAS sejak tahun 2003-2004. Tahun ini, 2021, SAG dikembangkan dalam versi daring berbasis web. Pada masa-masa berikutnya bisa diakses versi mobile.

SAG dibangun untuk peningkatan mutu manajemen, tatakelola dan organisasi TMI guna merekam administrasi guru baik yang berkenaan dengan kepatuhan administratif (compliance) maupun berbasis kinerja (performance) sejak diangkat menjadi guru hingga akhir masa pengabdian di TMI.

Kedepan, SAG akan terintegrasi dengan SAS dan sumber data lainnya yang berhubungan dengan data administrasi guru TMI, semisal SIMASTER IDIA untuk data kegiatan akademik guru pengabdian TMI selama kuliah di IDIA. Berikut adalah beberapa kegiatan guru TMI di SAG.

1.    Login dan Ganti Password

SAG bisa diakses melalui browser dari berbagai gadget dengan mengakses http://sag.tmial-amien.sch.id/, maka akan tampil halaman login berikut:

Nama pengguna dan kata sandi setiap guru sudah ditentukan oleh Idarah Ammah. jika nama pengguna dan sandi sesuai maka akan tampil tampilan berikut:

untuk menyesuaikan password guru bisa mengubahnya secara mandiri dengam mengklik nama nya di pojok kanan atas layar, maka akan tampil tampilan berikut:

Kemudian klik ubah password. Maka akan tampil tampilan berikut:

Jika guru lupa pasword, disilahkan menghubungi Sekretariat Idarah Ammah.

2.    Mengisi Data Induk dan Berkembang

Data Induk yang dimaksudkan adalah data dasar yang berkenaan dengan pribadi guru, berupa: Identitas Pribadi, Kontak dan Akun Media, SK dan Status Guru TMI, Riwayat Pendidikan, Data Sertifikasi dan NUPTK/Peg_id. Data bisa diakses dengan mengklik profil saya. Maka akan tampil tampilan berikut:

Sedangkan data berkembang berisi; Mengajar di lembaga lain, penugasan di lingkungan Al-Amien, Pengalaman Organisasi, Data Prestasi, Keikutsertaan dalam Forum Ilmiah, Keahlian, Karya Ilmiah dan Pelanggaran seperti tampilan berikut:

3.    Mengecek Jadwal mengajar

Setiap guru bisa mengecek jadwalnya masih-masing dengan mengklik --> Rekap dan Data -->> jadwal Saya. Maka akan tampil tampilan berikut:

Untuk melihat dan cetak jadwal dengan mengklik tombol Jadwal Keseluruhan. Maka akan tampil tampilan berikut:

4.    Unggah Dokumen Pengajaran

Dokumen pengajaran merupakan salah satu kewajiban administratif yang  harus siapkan oleh setiap guru, berupa:

a.   Program Tahunan (Prota) – Program Semesteran (Promes)

b.   I’dad tadris

c.   Draf Soal UTS

d.   Draf Soal UAS

untuk mengunggah dokumen ini bisa mengakses --> Rekap dan Data -->> Unggah dokumen pengajaran maka akan tampil tampilan berikut:

Untuk mengunggah salah satu dari dokumen tersebut, guru agar mengklik tombol OPSI, maka akan muncul tampilan berikut:

Setelah tampil seperti di atas, maka guru diminta memilih salah satu dokumen yang akan diunggah. Prota – Program Tahunan semisal, maka akan tampil seperti di bawah ini:

Kemudian klik tombol (+) di pojok kanan atas. Maka akan muncul tampilan berikut:

Pada isian file guru agar menggunggah file format dokumen (.doc/.docx)

5.    Rekam Pertemuan

Setiap guru harus merekam pertemuan/tatap muka di SAG, dengan mengklik -->> Rekap dan Data -->> Jurnal dan Bimbingan -->> Pertemuan, maka akan tampil seperti berikut: 

Kemudian guru diminta untuk memencet tombol opsi dan akan tampil seperti berikut ini:

Pada tampilan di guru diminta menentukan waktu pelaksanaan pembelajaran. Jika, sudah sesuai kemudian guru diminta menekan tombol terapkan. Maka akan tampil seperti dibawah ini:

Nah, setelah tampil seperti di atas, guru diminta menentukan apakah petermuan ini akan didata dalam satu (1) pendataan, atau dua (2) pendataan. Dalam contoh ini, pelajaran Tafsir diselenggarakan pada jam ke 1 dan 2 dalam satu hari.

Jam ke 1 dan 2 tidak terpisah oleh istirahat berbeda dengan jam ke 3 dan 4 serta jam ke 5 dan 6. Maka berdasarkan kelaziman jam ke 1-2, 2-3, 4-5, 6-7 didata dalam satu tatap muka. Berbeda jika terpisah dengan istirahat, semisal pelajaran Tafsir diselenggarakan pada jam ke 3-4 atau 5-6. Maka guru berhak memisahkan dalam dua pertemuan.

Pada contoh kali ini  adalah pertemuan jam ke 1-2 yang disatukan dalam satu pencatatan pertemuan. Maka guru diminta untuk mengklik kotak didepan angka 1 dan 2 untuk menampilkan ceklis. Maka akan tampil seperti di bawah ini:

Setelah yakin, guru diminta untuk mengklik tombol Rekap dalam Satu Pertemuan. Maka akan muncul dialog box berikut:

Jika yakin, pilih, ya. jika tidak maka pilih batalkan. Jika dipilih ya, maka akan tampil seperti berikut:

Lalu pencet OK. Maka akan tampil seperti di bawah ini:

Pada tampilan di atas, terdapat kolom blok pertemuan yang berisi presensi dan jurnal. Presensi yang dimaksudkan adalah presensi kehadiran santri, sedangkan jurnal pembelajaran. Jika guru akan mengisi presensi maka cukup memencet tombol presensi, maka akan muncul tampilan berikut:

Pada kolom ini guru diminta untuk melaporkan kehadiran santri, degan cara menekan nomor 1 atau 2, dengan pilihan pelaporan:

H – Hadir

S – Sakit

IT – Izin Penugasan Pondok

IP – Izin Pribadi

A – Alpha

Santri dengan kategori IT akan dicatat hadir oleh sistem. Karena ditugaskan oleh pondok. Sedangkan izin pribadi dan alpha akan tercatat tidak hadir. Pencatatan ini akan berdampak pada syarat keikutsertaan santri dalam ujian dengan ketentuan mengikuti 75% tatap muka yang terselenggara.

Pun, begitu juga dengan guru yang tidak hadir tanpa guru pengganti dan penugasan. Presensi santri tetap akan dilaksanakan oleh Bagian Akademik, sesuai kondisi santri di kelas. Sedangkan gurunya akan terlaporkan tidak hadir. Jurnal pertemuan akan diisi oleh Bagian Akademik.

Berikutnya, untuk mengisi jurnal pembelajaran, guru cukup memencet tombol jurnal, maka akan tampil tampilan berikut:

Pada isian tema guru diminta mengisi tema/pembahasan dalam pertemuan. Sedangkan kolom dibawahnya bisa diisi dengan rincian pembahasan atau catatan lainnya yangberkenaan dengan pembelajaran. Setelah selesai guru diminta untuk memencet tombol terapkan untuk menyimpan data. Maka akan tampil seperti di bawah ini:

6.    Penilaian Harian

Nilai harian yang dimaksud adalah kegiatan penilaian yang dilakukan oleh guru berupa penugasan, menjawab soal, portofolio atau model2 penilaiannya lainnya untuk meningkatkan kompetensi siswa dan penguasaan materi, dengan keterangan sebagai berikut

  1. Nilai harian merupakan salah satu nilai akhir yang akan didapat santri, dengan tetentuan sebagai berikut: 80% nilai Ujian + 20 % nilai harian = 100 % nilai raport.
  2. Pelaksanaan penilaian harian menggunakan berbagai teknik penilaian (Sikap : Observasi atau Jurnal, pengetahuan: tes lisan, tes tulis, observasi dan penugasan sedangkan keterampilan : portofolio, unjuk kerja, dan projek);
  3. Dalam satu mid semester maksimal dilakukan lima (5) kali

Untuk melakukan penilaian harian di SAG, guru mengklik -->> Rekap dan Data -->> Jurnal dan Bimbingan -->> nilai harian santri

maka akan muncul tampilan berikut:

Kemudian klik opsi untuk menentukan materi yang dilakukan penilaian, maka akan muncul tampilan berikut:

Setelah diklik terapkan maka akan muncul tampilan berikut:

Untuk menambah penilaian harian tertentu, guru agar mengklik tombol (+) di pojok kanan atas, maka akan muncul  tampilan berikut:

Pada blok penilaian di atas, guru agar mengisi tema/nama/deskripisi dari penilaian yang akan dilakukan. Jika sudah sesuai maka klik terapkan dan akan muncul tampilan berikut:

Setelah diklik OK, maka akan muncul tampilan berikut:

Pada tampilan di atas, guru sudah mensetting penilaian ke 1 dengan nama/deskripsi penilian “Hafalan Surat Al-Bayyinah” untuk melakukan penilaian pada setiap santri anggota kelas. Guru agar mengklik tombok kotak di dekat angka 1 dalam blok #, maka akan muncul tampilan berikut:

Pada tampilan di atas guru sudah bisa memilih setiap anak untuk dinilai, atau menghapus, jika akan menggagalkan penilaian ini. isian penilaian santri sudah ditentukan oleh sistem dari angka 0 s.d 10. Seperti tampilan berikut:

Setelah dilakukan penilaian pada semua santri, untuk menyimpan guru hendaknya mengklik terapkan untuk menyimpan hasil penilaian yang dilakukan, maka akan muncul dialog box berikut:

Untuk mengecek hasil penilaian guru bisa memeriksanya dengan menekan tombol tinjau maka akan tampil tampilan berikut

7.    Evaluasi Kehadiran Belajar

Evaluasi Kehadiran Belajar yang dimaksudkan di sini adalah pengecekan kehadiran santri dalam tatap muka yang dimanfaatkan untuk syarat keikutsertaan dalam ujian minimal 75% dari jumlah tatap muka, atau dizinkan untuk ikut ujian karena pertimbangan tertentu oleh guru ataupun pihak marhalah.

Untuk melakukan evaluasi pembelajaran dilakukan dengan cara mengklik -->> Rekap dan Data -->> Jurnal dan Bimbingan -->> Evaluasi Kehadiran Belajar. Maka akan muncul tampilan berikut:

Kemudian klik opsi untuk menentukan kelas dan mata pelajaran tertentu yang akan dicek, akan muncul tampilan berikut:

Setelah ditentukan pertemuan tertentu atau semua pertemuan maka akan muncul tampilan berikut:

Di bagian atas terdapat empat tombol, yakni:

  1. Simpan : untuk menjadikan tatap muka sebagai bagian dari penilaian harian
  2. Validasi semua : untuk memberikan izin ikut ujian kepada semua santri yang tidak memenuhi 75% tatap muka.
  3. Tinjau : untuk melihat presensi dan nilai santri
  4. Cetak: untuk mencetak presensi dan nilai santri

Jika dipilih simpan akan muncul tampilan berikut:

Jika dipilih validasi maka akan muncul tampilan berikut:

Jika dinyatakan ya, maka akan tampil dialog box berikut:

dan tampilan akan berubah menjadi

Berikut tampilan jika dipilih tinjau

Berikut tampilan jika dipilih cetak

CATATAN:

Semua guru agar sering mengecek laman ini karena tutorial akan selalu berkembang. Terima Kasih

Idarah Ammah