Al-Amien Prenduan, TMIKursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) 2023 resmi dibuka, Minggu (18/06) di depan Gedung PUSPAGATRA. Meski dibuka hari ini, KMD telah dimulai dari Sabtu (17/06), dan akan berlangsung selama enam hari sampai Kamis (22/06).

Sebanyak 280 peserta mengikuti acara itu, dengan 10 di antaranya berasal dari PP. Taman Baru, Sampang. Selain Majelis Kiai dan para Mudir, hadir dalam acara itu Ketua Kwarcab Sumenep, Kepala Pusdiklatcab Sumenep, beserta para staf, juga Pelatih KMD 2023.

Baca Juga: Angkat Tema Naruto, PORSENI Resmi Ditutup

Di awal acara, Ketua Panitia Penyelenggara, yang sekaligus menjabat Ancu Binawasa Putra Kwarcab Sumenep, Kak Heriyadi, S.E., M.E., memberikan laporan serta membacakan SK terkait acara. Melalui pembacaan SK itu, disahkan bahwa Kak Musaheri, M.SI., sebagai pimpinan KMD 2023 di PP. Al-Amien Prenduan.

Pengasuh TMI Al-Amien Prenduan, KH. Dr. Ghozi Mubarok, MA., memberikan sambutan setelah pembacaan SK. Beliau menyampaikan terima kasih kepada Ketua Kwarcab Sumenep beserta para staf, dan para pelatih KMD 2023 atas kesudian mereka mendampingi para santri dalam acara ini.

“Ini menandakan bahwa Gerakan pramuka akan terus menjadi bagian tidak terpisahkan dari Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, dan secara khusus TMI,” ungkap Putra Ny. Zahrotul Wardah, BA., itu. Di depan para hadirin, beliau menyampaikan bahwa sejak berdiri, pramuka merupakan bagian tak terpisahkan dari TMI.

“Kalian, calon-calon Pembina nantinya, tentu akan menjadi mata rantai yang paling penting dari sistem Pendidikan, sistem Gerakan pramuka di pondok ini,” tutur Sepupu KH. Dr. Ahmad Fauzi Tidjani, Ph.D., itu. Beliau berpesan kepada para peserta KMD agar memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga: Santri TMI Raih Juara Baca Puisi Karya Taufiq Ismail Tingkat Nasional

Selepas sambutan beliau, Ketua Kwarcab Sumenep, Kak H. Siraj Aidi, M.SI., membuka KMD 2023 secara resmi. “Lembaga pendidikan ini betul-betul mempersiapkan diri, bagaimana kader-kader itu dipersiapkan dengan sebaik-baiknya,” terang beliau saat memberikan prakata. Menurut beliau, ini merupakan bukti bahwa pondok ini tidak akan pernah diam, sebab selalu berusaha mempersiapkan kader.

Menindaklanjuti Pembukaan KMD, Kepala Pusdiklatcab lakukan penyerahan Tunggul Latihan pada Pimpinan Kursus. Acara dilanjut dengan doa oleh anggota Majelis Kiai, KH. Ach. Fauzi Rasul, Lc., serta penampilan-penampilan dari Kopass Alpend dan Marching Band Al-Amien Prenduan. (Zeal)

5 thoughts on “Diikuti 280 Peserta, KMD 2023 Resmi Dibuka

  1. Pingback: Pimpinan Gontor Letakkan Batu Pertama Gedung Peprpustakaan TMI Putri | TMI Al-Amien Prenduan

  2. Pingback: 357 Rombongan PP. Al-Ishlah Kunjungi PP. Al-Amien Prenduan |

  3. Pingback: Praktek Imamah Dibuka, Mudir Ma'had Putra: Ini Sangat Penting | TMI Al-Amien Prenduan

  4. Pingback: KMD 2023 Ditutup, Satu Peserta Lulus Bersyarat |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.