Al-Amien Prenduan, TMI PiSebagai rangkaian dari acara TMI Menulis, dalam rangka menambah pengetahuan santriwati seputar literasi, panitia TMI Menulis mengadakan acara Dialog Interaktif. Acara tersebut dihadiri dua praktisi literasi sebagai narasumber, Lukman Hakim (Pemred Radar Madura) dan Dr. Ita Fajria (penulis buku), yang dilaksanakan di musholla Asma Athifah pada Jum’at (27/01), yang diawali dengan sambutan oleh Ust. Zainal Abidin selaku salah satu pegiat literasi di TMI Putri.

Baca Juga: Dua Cerpenis Sumenep Berikan Pelatihan Menulis Cerpen di TMI

Dalam sambutannya beliau menyampaikan harapan sekaligus alasan dihelatnya acara ini. “Kami ingin, kalian menjadi penerus para kiai kita, yang memiliki perhatian yang sangat besar dalam tulis menulis, ” ungkap beliau. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa menulis merupakan salah satu cara untuk mengabadikan diri, seperti para ulama-ulama klasik yang sudah lama wafat namun pemikiran-pemikiran beliau tetap hidup dan menjadi referensi bagi para cendikia setelah mereka.

Selanjutnya, lukman hakim menjelaskan tentang proses dalam menulis, serta bagaimana seorang penulis memulai tulisannya. “Hal yang paling inti adalah mengetahui terlebih dahulu apa tujuan kita dalam menulis, apakah karena kesenangan, hobi, ingin mendapat honor, atau berdakwah,” beber beliau.

Baca Juga: Workshop Kepenulisan Hadirkan Penyair Muda Asal Sumenep

Sedangkan, Dr. Ita Fajria menjelaskan bahwa untuk dapat menulis maka terlebih dahulu harus membiasakan diri untuk menulis. “Mulailah menulis, mulai dari yang paling mudah, menulis dairy misalnya,” jelas beliau.

Acara tersebut berlangsung dengan meriah, santriwati sangat antusias mengikuti acara dialog interaktif tersebut. Di akhir acara, para santri diperbolehkan untuk mengajukan beberapa pertanyaan terkait literasi. Yang kemudian ditutup dengan pembacaan puisi tiga bahasa oleh tiga santri TMI Putri.(Pi)

3 thoughts on “Dua Praktisi Literasi Madura Ramaikan Dialog Interaktif

  1. Pingback: Angkat Tema Atlantis, Penutupan TMI Menulis Diwarnai Penampilan Memukau |

  2. Pingback: PP. Taman Baru Putri Lakukan Studi Banding ke TMI Putri | TMI Al-Amien Prenduan

  3. Pingback: TMI Menulis Berakhir, Tiga Santriwati Raih Gelar Miss KJM | TMI Al-Amien Prenduan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.