Al-Amien Prenduan, TMI Mudir Ma’had TMI Putri, KH. Suyono Khattab, M.Pd., membuka secara resmi Diklat Kepemimpinan Kelompok Santri (KKS), Senin (13/11). Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, diklat yang dilaksanakan di GESERNA ini, digelar pada sore hari.

Baca Juga: Talkshow Kebahasaan, Media Motivasi Santriwati

Diklat KKS merupakan program tahunan bagi seluruh ketua dan wakil kelompok santriwati. Mulai dari ketua dan wakil kamar, kelas, dapur, dinatrian, muhadharah, konsulat, kompil, dan kelompok lainnya, wajib mengikuti acara ini.

Ketua-ketua kelompok akan menerima materi dan pembekalan dari para mudir dan guru-guru senior berpengalaman. Pemateri akan berbagi kiat dan pengalamannya dalam menangani sebuah organisasi, bahkan organisasi terkecil, seperti kamar, kelas, dapur dan lainnya. “Ini merupakan salah satu komitmen kami, untuk melatih santriwati bertanggungjawab terhadap kelompok yang dipimpinnya,” tutur Kiai Suyono.

Hal itu diamini oleh Ust. H. Saiful Anam, Lc, M.Pd. Beliau melanjutkan bahwa Menjadi pemimpin harus adil, berinteraksi dengan baik kepada anggota, mampu bersikap terbuka dan mau menerima kritik dari orang lain.

“Jadi seorang pemimpin tidak boleh menyinggung perasaan orang lain. Harus santun dan tidak sombong. Pemimpin juga harus mampu menegur perbuatan yang kurang baik. Harus peka dan mampu menyelesaikan masalah dan melakukan bertabayyun agar menemukan akar dari permasalahan,” papar Mudir Marhalah Aliyah tersebut.

Kegiatan yang berada di bawah tanggung jawab MPO Putri ini, diakhiri dengan pemilihan anggota KKS terbaik, sekaligus penyerahan penghargaan kepada tujuh orang santriwati teraktif. Mereka ialah Afifatuz Zahro, Aisyah Zahida, Syeila Dina, Vilsya Aramirta, Adelia Putri, Murniati Ningsih dan terakhir Mahda Oktalia.

Baca Juga: TMI Putri Gali Bakat Menulis Lewat Workshop Penulisan Cerpen

Sepanjang kegiatan KKS, para peserta begitu semangat dan antusias mengikuti acara. “Semoga dengan adanya acara KKS ini, santriwati yang diberikan amanah sebagai ketua dan wakil dapat bertanggung jawab dan mampu mengerjakan tugasnya dengan baik,” pungkas Usth. Amrina Rosyadah, selaku salah anggota MPO Putri. (din/gna)

2 thoughts on “Latih Jiwa Kepemimpinan Santriwati, TMI Laksanakan Diklat KKS

  1. Pingback: Mudir Ma'had TMI Putri Kukuhkan Anggota DPS Tidak Tetap | TMI Al-Amien Prenduan

  2. Pingback: Kiai Ahmad: Hikmah Kepemimpinanmu adalah Amal Jariyahmu | TMI Al-Amien Prenduan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.