Al-Amien Prenduan, TMI – TMI Al-Amien Prenduan tahun ini kembali mengadakan Semarak Tiga Bahasa (STB). Even itu dibuka secara resmi pada hari Ahad (13/08), di Meeting Hall TMI Putra, ba’da Ashar.

Tahun ini, even itu mengusung tema “Hijrah dengan Bahasa, Meraih Kebangkitan Peradaban Bangsa”. Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini perlombaan dalam STB diperuntukkan untuk santri/siswa SD/MI sederajat dan SMP/MTs sederajat.

Untuk tingkat SD/MI sederajat perlombaan meliputi lomba Pidato Bahasa Indonesia, dan lomba Baca Puisi Bahasa Indonesia. Adapun untuk tingkat SMP/MTs sederajat, perlombaan meliputi lomba Pidato Bahasa Arab, Pidato Bahasa Inggris, Pidato Bahasa Indonesia, Baca Puisi Bahasa Arab, dan Baca Puisi Bahasa Indonesia.

Baca Juga: Usung Tema Kebangsaan, TMI Al-Amien Prenduan Kembali Gelar STB 2023

Mudir ‘Aam TMI Al-Amien Prenduan, Ust. H. Ach. Tidjani Syadzili, Lc., membuka secara resmi even itu. Pada kesempatan itu, Beliau menyampaikan laporan singkat tentang pelaksanaan STB tahun ini.

“Semarak Tiga Bahasa yang kita laksanakan pada saat ini bukan yang pertama kalinya, melainkan kami sudah melaksanakannya berkali-kali,” ucap Beliau. Beliau mengungkapkan bahwa pada tahun kemarin, STB dilaksanakan daring, pun tahun ini.

Setelahnya, Beliau memberi bocoran bahwa even itu akan dilaksanakan pada tahun-tahun berikutnya. “Karena kami yakin dengan adanya pelaksanaan acara ini, kemampuan berbahasa anak bangsa ini, baik itu bahasa Indonesia, Inggris ataupun Arab, semakin bertambah hari, semakin meningkat dan terus berprestasi,” jelas Beliau.

Peserta STB Membludak

Mudir ‘Aam turut menyampaikan rasa senangnya terkait tingginya animo untuk mengikuti lomba bertaraf nasional itu. Kendati masa sosialisasi terhitung sebentar, yaitu selama 20 hari sejak 20 Juli sampai 11 Agustus, peserta even melebihi ekspektasi panitia.

Berdasar data panitia, peserta STB dari tingkat SD/MI sederajat sebanyak 56 peserta. Rinciannya, lomba Pidato Bahasa Indonesia 25 peserta, dan lomba Puisi Bahasa Indonesia 31 peserta.

Sementara itu, peserta STB dari tingkat SMP/MTs sederajat sebanyak 369 peserta. Rinciannya, lomba Pidato Bahasa Arab 74 peserta, lomba Pidato Bahasa Inggris 88 peserta, dan lomba Pidato Bahasa Indonesia 77 peserta. Selain itu, lomba Baca Puisi Bahasa Arab 45 peserta, dan lomba Baca Puisi Bahasa Indonesia 85 peserta.

Baca Juga: Santri TMI Borong Juara dalam Ajang SMC se-Jawa Timur

Ust. Pajar Amirul Mu’ti, selaku Ketua STB tahun ini merasa senang atas hal ini. Pada awalnya, Beliau merasa bahwa jumlah peserta akan sedikit, mengingat sebentarnya waktu sosialisasi. “Itu di luar ekspektasi kami, alhamdulillah, saya sangat bahagia dan senang,” ujar Ustaz asal Kalimantan itu.

Di sisi lain Pimpinan Ponpes Al-Amien Prenduan, KH. Dr. Ahmad Fauzi Tidjani, M.A., menyambut terselenggaranya even ini. Beliau mengutarakan bahwa berbahasa telah mendarah daging di Al-Amien sejak berdirinya.

Dalam hal ini, Putra KH. Moh Tidjani Djauhari itu beralasan bahwa berbahasa merupakan salah satu alat perjuangan umat Islam. “Oleh karena itu dalam Semarak Tiga Bahasa ini mudah-mudahan berjalan dengan seiring barokah dari Allah SWT,” pungkas Beliau.(Zeal)

3 thoughts on “Membludak, Ratusan Peserta Ikuti STB 2023

  1. Pingback: TMI Adakan Ngopi Hukum di Maqha Tsaqafi | TMI Al-Amien Prenduan

  2. Pingback: Gema Sakral Jaring Bakat Santri Melalui TMI Got Talent |

  3. Pingback: Sukses, TMI Resmi tutup STB 2023 | TMI Al-Amien Prenduan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.