Al-Amien Prenduan, TMI – Sabtu, (31/12) Moh. Rayya Akmal, Santri TMI kelas VI DIA-C asal Kalimatan Tengah berhasil meraih juara 1 dalam Lomba Baca Puisi Arab tingkat Nasional. Tak hanya santrinya saja, Ust. Bahrul Jadid, Ust. Daffa Dhiyaulhaq dan Ust. Ahmad Roihan Ghilmani juga meraih juara 1 Lomba Debat Bahasa Arab tingkat Nasional.

Kejuaraan tersebut diperoleh dalam event Mahabbah 2022 (Musabaqah Al-Arabiyyah) yang diselenggarakan oleh UKM Namlah Universitas Muhammadiyah Surakarta. Event yang bertemakan “Peran Bahasa Arab dalam Membangun Peradaban Islam” tersebut berlangsung selama 6 hari, 26-31 Desember 2022.

Baca Juga: Delegasi Al-Amien Prenduan Raih Juara Umum Festival Dunia Arab Tingkat ASEAN 2022 di UNIDA Gontor

Acara yang dilaksanakan secara online ini terdiri dari 2 kategori, yaitu kategori siswa dan mahasiswa. Adapun untuk kategori siswa terdapat beberapa perlombaan. Diantaranya: Baca Puisi Arab, Menyanyi Arab, Baca Berita Arab dan Pidato Bahasa Arab. Sedangkan perlombaan untuk kategori mahasiswa, antara lain: Debat Bahasa Arab, Menyanyi Arab, Baca Berita Arab dan Pidato Bahasa Arab.

Dalam lomba Debat Bahasa Arab, tim Ust. Bahrul Jadid, utusan IDIA Prenduan harus menghadapi lawan-lawan yang hebat. Seperti tim Abqary dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Zarbajad dari BSA UIN Malang dan Al-Hikmah dari UNIDA Gontor.

Baca Juga: Membanggakan, Santri TMI Kembali Sabet Gelar Juara di IAIN Madura

Ust. Bahrul Jadid, guru pengabdian di TMI Al-Amien sekaligus mahasiswa IDIA Prodi KPI merasa sangat bersyukur bisa memenangkan lomba debat. Dirinya senang bisa mempersembahkan kepada pondok juara 1 Lomba Debat tingkat Nasional di penghujung tahun 2022.

“Alhamdulillah, kami bersyukur bisa mempersembahkan juara ini kepada pondok tercinta. Meskipun hanya satu saja ditahun ini. Terimah kasih kepada kiai dan ustadz yang telah mendoakan dan mengajari kami,” ungkapnya.

Ustadz yang juga menjabat sebagai bagian bahasa di lingkungan Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan berharap prestasi yang diraihnya dapat menjadi motivasi bagi santri-santri agar terus mengembangkang kemampuannya, khususnya dibidang bahasa. (Df)

One thought on “Santri dan Ustadz TMI Al-Amien Prenduan Raih Juara 1 Lomba Bahasa Arab Nasional

  1. Pingback: Membanggakan, Alumni TMI Al-Amien Prenduan diterima di University of Edinburgh |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.