Ponorogo, TMI – Selasa (20/12), Kontingen Al-Amien Prenduan berhasil menyabet juara umum Festival Dunia Arab ke-4 tingkat ASEAN untuk kategori pelajar. Event ini diselenggarakan oleh Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor, Ponorogo pada 18-19 Desember 2022.

Baca Juga: Horas Al-Amien Prenduan Juara Futsal Se-Madura

Juara umum tersebut didapat setelah delegasi Al-Amien Prenduan yang diwakili oleh santri Tarbiyatul Mu’allimien Al-Islamiyah (TMI) Putra Al-Amien Prenduan berhasil menang dalam enam kategori lomba berikut:

  • Juara 1 Lomba Insya’ diraih oleh Ach. Mamba’ul Makarim, santri TMI Al-Amien Prenduan kelas VI DIA-A asal Bali
  • Juara 1 Musabaqah Qiroatil Kutub yang diraih oleh Syahrul Alam Aziz, santri TMI Al-Amien Prenduan kelas VI DIA-A asal Jember.
  • Juara 3 Lomba Debat Bahasa Arab yang diraih oleh Moh. Zaky Rahman Al-Kayyis, santri TMI Al-Amien Prenduan kelas V DIA-A asal Sampang, Muamar Nida, santri TMI Al-Amien Prenduan kelas V DIA-A asal Bogor, dan Maulana Visyabana Ishaq, santri TMI Al-Amien Prenduan kelas V MIPA-A asal Bangkalan.
  • Juara 3 Ghina’ ‘Araby yang diraih oleh Wildan Muroqi, santri TMI Al-Amien Prenduan kelas VI DIA-A asal Sumenep.
  • Juara 3 Lomba Baca Puisi Arab yang diraih oleh Rifki Rizki Rulliana, santri TMI Al-Amien Prenduan kelas IV-B asal Bandung.
  • Juara Lomba Maukib As-Tsaqofi

Perlombaan ini diikuti oleh 40 kontingen dari berbagai wilayah baik dari tingkat pelajar maupun mahasiswa se-ASEAN. Di antaranya adalah seperti PPM Tazakka, PPM Darul Amanah, Jawa Tengah, PP. Fadlun Minallah Yogyakarta, MA Darul Lughah Wad Dakwah (Dalwa), KMI Gontor 2, LPBA Nurul Jadid Paiton, KMI Ibnu Abbas, Al-Qodiri Jember, MANPK Jember, Walisongo Ngabar, Darussalam Garut, dan yang lainnya. Khusus lomba tingkat mahasiswa diselenggarakan secara online. Sedangkan lomba tingkat SMA diselenggarakan secara offline dikampus UNIDA Gontor.

Baca Juga: Kontingen Persipal Cimande Al-Amien Prenduan Borong 15 Gelar Juara

Adapun cabang perlombaan kategori SMP/SMA dan Pondok sederajat di FDA IV ini meliputi, Lomba Pidato Bahasa Arab, Baca Puisi Arab, Insya’ Araby, Ghina’ Araby, Musabaqah Qiroatul Kutub, Debat Bahasa Arab dan Maukib As-Tsaqofi. Sedangkan cabang perlombaan kategori Mahasiswa meliputi, Lomba Debat Bahasa Arab, Qiroatul Akhbar, Short Movie dan Wasail Ta’lim.

Ust. Ach. Ready, salah satu pembimbing kontingen Al-Amien Prenduan menyampaikan bahwa perlombaan ini duharapkan dapat menjadi tolak ukur kapasitas dan kualitas para santri. Disamping juga membiasakan santri-santri untuk beribadah, belajar, berlatih dan berprestasi.

“Alhamdulillah, pada perlombaan kali ini kami mendapatkan juara umum dalam taraf ASEAN. Semua ini tak terlepas dari usaha keras para peserta dan tentu saja doa. Keikutsertaan dalam lomba ini merupakan salah satu bentuk tarbiyah bagi santri-santri untuk mengetahui kualitas dan kapasitas mereka serta membiasakan mereka untuk belajar, berlatih, beribadah dan berprestasi,” jelasnya. (Df)

3 thoughts on “Delegasi Al-Amien Prenduan Raih Juara Umum Festival Dunia Arab Tingkat ASEAN 2022 di UNIDA Gontor

  1. Pingback: Membanggakan, Santri TMI Kembali Sabet Gelar Juara di IAIN Pamekasan |

  2. Pingback: Resmi Dibuka, ISMI Sport Competition akan Berlangsung Selama 10 Hari |

  3. Pingback: Santri dan Ustadz TMI Al-Amien Raih Juara 1 Lomba Bahasa Arab Nasional | TMI Al-Amien Prenduan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.