Al-Amien Prenduan, TMI – Muraja’ah ‘Ammah Rubu’ III (Ujian Mid Semester II) di Ma’had TMI Al-Amien Prenduan resmi dimulai. Dimulainya pelaksanaan ujian, ditandai dengan pembukaan yang dilaksanakan pada Sabtu Pagi (17/12), bertempat di Gedung Puspagatra.

Baca Juga: Muhadharah Kubra Tandai Penutupan Komdas B dan Kompil B

Salah satu anggota Majelis Kiai Pondok Pesantren Al-Amien  Prenduan, KH. Moh. Khoiri Husni, S.Pd.I berkesempatan membuka di Ma’had TMI Putra. Bersama para Mudir, Asatidz dan seluruh santri, Kiai Khoiri memberikan tausiah singkat sebelum pelaksaana Ujian dimulai.

Beliau memaparkan bahwa kehidupan itu adalah merupakan ujian, sedangkan ujian yang dilaksankan di pondok merupakan sarana evaluasi untuk mengetahui sejauh mana pemahaman tentang materi yang sudah diajarkan, “Hingga disebutkan dalam sebuah ayat Al-Qur’an, Linabluwakum Ayyukum Ahsanu ‘Amala (Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya),” kutip Beliau.

Beliau berharap, melalui ujian santri bisa memanfaatkan kesempatan dan bisa belajar dengan baik dan berdoa kepada Allah dan serius meminta permohonan kepada Allah, “Karena barang siapa yang ingin mencapai cita-cita maka tidak akan tercapai kecuali dengan bersungguh-sungguh,”pesan Kiai Khoiri di depan santri.

Beliau juga sempat mengutip sebuah Mahfudhat, “Al-Ijtihadu Asasun Najahi (Barang siapa yang bersungguh-sungguh maka dia akan mencapai kesuksesan),” pungkasnya.

Baca Juga: Muhadharah Kubra ala Cleopatra

Hal senada juga disampaikan oleh Pengasuh Ma’had TMI Al-Amien Prenduan KH. Dr. Ghozi Mubarok, MA. dalam tausiahnya di Ma’had TMI Putri, “Lau Kana Nurul ‘Ilmi Yudroku bil-Muna, ma Yabqo fil Bariyyati Jaahilun (Seandainya cahaya ilmu itu diperoleh dengan cara berangan saja, maka tentu di muka bumi ini tidak ada orang yang bodoh),” dawuh putra sulung Kiai Idris tersebut.

Acara yang dimulai sejak pukul 06.00 wib tersebut, memang dilaksanakan secara terpisah antara putra dan putri. Sebagaimana di Putra, pembukaan ujian di Ma’had TMI Putri juga diikuti oleh Para Mudir, Ustadzah, dan seluruh santriwati TMI Al-Amien Prenduan yang bertempat di Gedung Serbaguna TMI Putri.

Muraja’ah ‘Ammah Rubu’ III akan berlangsung selama kurang lebih 10 hari, terhitung sejak dilaksanakannya pembukaan. (Zn/Dd)

Jadwal lengkap pelaksanaan Muraja’ah ‘Ammah Rubu’ III Tahun Ajaran 1444/1443 H. (2022/2023 M.) unduh disini.

One thought on “Muraja’ah ‘Ammah Rubu’ III, Masyayikh Berharap Santri Belajar Sungguh-Sungguh

  1. Pingback: Gelorakan Awal Tahun Dengan Gebyar ISTAMA |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.