Al-Amien Prenduan, TMIUjian Tahriri Akhir Tahun di TMI Al-Amien Prenduan resmi dibuka oleh Pengasuh TMI, KH. Dr. Ghozi Mubarok Idris, M.A di depan Puspagatra, Ahad (11/02). Dalam sambutannya beliau mengingatkan enam hal kepada para santri untuk mengatasi persoalan-persoalan ujian yang akan mereka hadapi.

“Saya ingin kalian meyakini, bahwa apabila 6 hal tersebut ada pada diri para kalian, maka itu merupakan kunci sukses dalam menghadapi ujian,” ungkap Putra KH. Muhammad Idris Djauhari itu.

Baca Juga: Lepas Peserta RTT Putri, Mudir ‘Aam Harap Capai Tujuan dengan Baik

Adapun 6 hal tersebut adalah yang pertama, Konsentrasi. Terkait hal ini beliau mengutip sebuah perkataan dalam bahasa Arab, “utrukuu ma siwaa dars,” atau meninggalkan semua hal kecuali tentang ujian. Kedua Motivasi, memiliki keinginan untuk meningkatkan kemampuan yang telah dimiliki serta rasa tamak akan hal tersebut.

Kemudian daya tahan, para santri diharapkan memiliki daya tahan dari godaan-godaan yang datang kepada mereka, baik itu dari diri mereka sendiri ataupun dari lingkungan mereka. Keempat tentang keuangan, dalam hal ini para santri diharapakan mampu untuk memenuhi pembayaran bulanan.

Berikutnya, bimbingan dari para guru. Menurut Kiai Ghozi, para santri tetap memiliki hak untuk berkosultasi kepada para guru ketika mereka belajar guna menanyakan hal-hal yang masih belum mereka pahami. Terakhir, dapat memanfaatkan waktu ujian yang panjang dengan maksimal.

Enam hal tersebut tentu diharapkan menjadi tindakan solutif untuk para santri menggapai target minimal nilai yang telah ditetapkan di masa pembelajaran tahun ini. Hal itu serupa halnya dengan yang dikatakan oleh OC. Ujian Akhir Tahun, Ust. Moh. Alfin Nail Berry.

Baca Juga: Mudir ‘Aam Lepas Keberangkatan Rihlah Tarbawiyah Tanazzuhiyah

“Tahun ini TMI memiliki target minimal nilai yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya,” terang Ustadz asal Sumenep itu. Menurutnya, hal itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas intelektual dari hasil pembelajaran selama satu tahun, serta untuk mewujudkan harapan dan cita-cita para pendiri pondok.

Pelaksanaan Ujian Akhir Tahun ini diikuti oleh seluruh santri kelas I sampai kelas V TMI Al-Amien. Ujian berlangsung selama 10 hari mulai dari tanggal 11-21 Februari 2024 M yang akan datang. Adapun materi yang diujikan meliputi Ulum tanziliyah, Ulum Lughowiyah, dan Ulum Kauniyah serta Komdas B.(Iqbl)