Al-Amien Prenduan, TMI – Tepat pukul 20.57 WIB, Mudir ‘Aam TMI Al-Amien Prenduan Ust. H. A. Tijani Syadzili, Lc. melepas rombongan santri Nihaie dalam rangka Rihlah Tarbawiyah Tanazzuhiyah, Sabtu (03/02). bertempat di depan kediaman Pengasuh TMI KH. Dr. Ghozi Mubarok, MA.

Baca Juga: 251 Santri Nihaie ikuti Rihlah Tabiyah Iqtishadiyah ke Unit-Unit Usaha Pondok

Mewakili pengasuh TMI, Mudir ‘Aam berkesempatan memberikan tausiah di depan 225 santri putra. dalam arahannya Beliau berharap kepada santri agar saling menjaga diri, dan membantu satu sama lain.

“Saling bantu, terutama ketika teman-teman kalian mengalami kesulitan selama di perjalan,” tuturnya. “mudah-mudahan perjalan kita Allah ridhoi, diturunkan barokah oleh Allah SWT, sehingga kita bisa mengambil Ibroh sebanyak-banyaknya, amien.”

Dalam kesempatan itu pula, Mudir ‘Aam sempat menyinggung santri yang berhalangan mengikuti Rihlah tahun ini disebabkan belum menyelesaikan tugas Nihaie sebelumnya. Pasalnya salah satu persyaratan mengikuti Rihlah Tarbawiyah Tanazzuhiyah yaitu menyelesaikan tugas Paper Nihaie.

“Pondok kita ini tidak main-main, membuat program sebaik mungkin, kami sudah memberikan waktu seluas-luasnya, saya yakin kalau kalian menggunakan waktu sebaik-baiknya, pasti bisa!” tegas Kiai lulusan Universitas Ummul Quro Makkah tersebut.

Baca Juga: Serentak, Ujian EBTA Nihaie dan Muraja’ah Ammah dibuka Hari Ini

Agenda Rihlah tahun ini dimulai dari Ponorogo, Solo, Magelang, dan Jogjakarta. Adapun Perguruan Tinggi yang dikunjungi yaitu UNIDA Gontor, Akademi Militer Magelang, dan Universitas Ahmad Dahlan (UAD).

Sedangkan destinasi wisata terdiri dari Tawang Mangu Solo, Candi Borobudur, Parang Tritis, Bakpia Phatok, dan Malioboro. Ada juga Ponpes Al-Mukmin Ngruki dan Ponpes Muhammadiyah Panti Asuhan Putra, selain sebagai kunjungan Rihlah ke lembaga tersebut juga tempat singgah sementara santri selama perjalan dari Sabtu (03/02) hingga Selasa (06/03) depan. (Zn)