Tanah nusantara berdiri dengan pesonanya yang kharismatik sungguh indah adanya, bukit yang terhampar, gunung yang tinggi menjulang, serta kekayaan alam yang melimpah. Maka dari itu tak heran jika Indonesia menjadi salah satu dari sekian Negara paling cantik di dunia. Bukan hanya perkataan penulis demikian, bukan hanya warga Negara Indonesia saja yang mengakui, namun orang asing pun berkata demikian tentang Indonesia. Tak percaya? Coba saja pergi ke Pantai Kuta Bali atau ke Bukit Merese Lombok, tanyakan pada mereka yang notaben Warga Negara Asing (WNA) mengenai pendapat mereka tentang Indonesia.

Dikutip dari website Quora, Natalia merupakan salah satu pelajar Indonesia yang melanjutkan kuliahnya ke Jepang, hal ini membuat Natalia tak jarang menanyakan pendapat orang-orang di sana mengenai Indonesia serta memperkenalkan diri sebagai pelajar dari Indonesia. “Hampir semua orang memuji keindahan di Indonesia, orangnya ramah dan sebagainya. Adapula yang mengatakan tidak tahu Indonesia, tapi mereka tahu pulau Bali dan muncullah pertanyaan ‘Indonesia di mananya Bali?’. Ya saya hanya maklum saja dengan pertanyaan itu, karena pulau Bali memang lebih terkenal daripada Indonesia sendiri. Apalagi bagi orang jepang yang mengira Indonesia itu India karena India dalam bahasa Jepang disebut Indo インド.

Ada juga Wiwiek Utami Dewi yang pernah mendengar ketakjuban rekan kerjanya mengenai Negara Indonesia. “Masakan Indonesia sangat lezat, western food hampir ‘nothing’ jika dibandingkan dengan Indonesian food”. Wiwiek mengatakan bahwa ia sangat bangga mendengarnya. Dia juga menceritakan bagaimana rekan kerjanya yang dari Korea berpendapat tentang Indonesia. “Indonesia itu Negara hebat. Warganya berasal dari suku, ras, dan agama yang berbeda, tapi bisa bersatu’se-Solid’ itu. Dan rekannya pun semakin takjub ketika Wiwiek mengatakan bahwa setiap daerah di Indonesia memiliki bahasa lokal masing-masing.

Itu hanyalah pendapat beberapa orang saja. Jika berjumpa dengan warga Negara asing kita bisa menanyakannya langsung jika ingin mendengarkan jawaban mereka (WNA) tentang Indonesia. Penulis yakin, jawaban Indonesia indah, hebat, keren akan kalian dengar. Why?. Because that’s Indonesia. Maka dari itu, kebanggan dalam diri sebagai warga Negara Indonesia harus ada dalam jiwa dan hati kita.

Pernah penulis dengar dari salah seorang dosen di Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan. Saat itu jam perkuliahan sedang berlangsung dan jam presentasi telah usai. Di tengah perbincangan ringan antara dosen dan mahasiswi, beliau berkata “Ulama pernah mengatakan bahwa, jika ada definisi surga, maka Indonesia adalah serpihannya”. Begitulah sekiranya perkataan beliau yang sempat penulis abadikan di dalam buku catatan. Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak ulama menyebut Indonesia adalah serpihan surga yang terjaga di dunia. Bahkan, ulama kharismatik Yaman, al-Habib Umar Bin Hafizh yang menyebut Indonesia sebagai Negara paling dilembutkan oleh Allah Swt.

Harus diakui bahwa Indonesia adalah tanah surga. Lahir, tumbuh, dan dewasa dinegeri ini bisa menjadi satu hal yang seharusnya kita syukuri sebagai warga Negara Indonesia. Menetap di Indonesia mungkin saja menjadi impian banyak orang, karena mereka tidak menemukan apa apa yang ada di Indonesia di tempat asal mereka. Misalnya, keberagaman bahasa, suku, ras dan budaya. Dilansir dari portal Suara Nahdliyin, KH. A. Musthofa Bisri atau lebih dikenal dengan Gus Mus, beliau mengatakan bahwa keindahan yang dimiliki Indonesia patut disyukuri dan cara bersyukur yang terbaik adalah dengan menjaga negeri ini.

Dianugerahi kondisi geografis yang strategis dan iklim yang tropis menjadikan Indonesia memiliki kekayaan botani yang cukup beragam. Jika kurma, kismis, buah zaitun, buah tin bisa kita temui dinegara Timur Tengah. Buah pir, apel, anggur, strawberry, dan jeruk Sunkist bisa kita temui di Eropa, lalu apa yang ada di Indonesia? Di Indonesia melimpah berbagai jenis buah-buahan, sayur-sayuran, umbi-umbian, kacang-kacangan. Tentu tidak bisa kita lupakan, bahwa Negara Indonesia dijajah sangat lama oleh bangsa lain karena Indonesia kaya akan berbagai macam rempah-rempah yang tumbuh di tanah air ini.

Indonesia adalah salah satu Negara yang disebut Negara agraris. Megapa demikian?. Karena hampir seluruh perekonomiannya ditopang oleh sektor pertanian. Itulah mengapa, kuliner di Indonesia memiliki cita rasa yang beragam. Jangan sampai kita lupakan juga, bahwa Indonesia memiliki 34 provinsi, dan setiap provinsi memiliki makanan atau kuliner khasnya tersendiri.

Jika ditilik dari sisi astronominya, Indonesia merupakan daerah tropis yang memiliki curah hujan tinggi sehingga membuat berbagai jenis tumbuhan dapat hidup dan tumbuh dengan cepat ditanah Indonesia. Negara Indonesia juga memiliki pegunungan yang kaya akan mineral. Dijuluki Negara seribu pulau, laut Indonesia juga kaya akan sumber makanan. Terdapat berbagai jenis tunaman laut dan hewan laut. Maka dari itu, tidak heran jika banyak warga Negara Indonesia yang berprofesi sebagai seorang nelayan.

Disisi lain banyak warga Negara Indonesia yang memanfaatkan destinasi wisata Indonesia sebagai lapang untuk mencari penghasilan, namun tidak sedikit juga warga Negara Indonesia yang tidak menyadari akan pentingnya menjaga kelestarian alam Indonesia agar tetap hijau. Itulah penyebabnya, mengapa ada penebangan pohon secara illegal, adanya perluasan lahan untuk pembangunan. Masyarakat yang melakukan hal semacam ini, ialah mereka yang tidak sadar akan dampak yang bisa saja terjadi terhadap kelestarian alam Indonesia.

Seharusnya, masyarakat tidak perlu menanyakan, mengapa polusi kota Jakarta menebal layaknya kabut, mengapa wilayah perkotaan mudah tergenang banjir, mengapa ada kebakaran hutan, dan pertanyaan lainnya yang sebetulnya kita tahu jawabannya. Itulah akibat karena kurang menjaga kelestarian alam Indonesia.

Maka dari itu, setidaknya ada beberapa orang diantara sekian banyak orang yang tidak menjaga kelestarian Indonesia, kita bisa menjadi bagian yang mempertahankan kelestarian alam Indonesia. Bersyukur atas apa yang kita miliki itu penting. Berterima kasih kepada Tuhan yang telah menajadikan kita muda lalu beranjak tua ditanah nusantara ini. Itu adalah satu bentuk syukur sederhana yang bisa kita lakukan.