Al-Amien Prenduan, TMI TMI Al-Amien Prenduan resmi membuka acara kepenulisan tahunan TMI Menulis pada hari Rabu (10/01) di Masjid Jami’ Al-Amien Prenduan. Acara tersebut dibuka langsung oleh Pimpinan dan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, KH. Dr. Ahmad Fauzi Tidjani, M.A.

Baca Juga: 251 Santri Nihaie ikuti Rihlah Tabiyah Iqtishadiyah ke Unit-Unit Usaha Pondok

Diadakannya program tahunan kepenulisan TMI bertujuan untuk memberikan kesadaran dan kepahaman kepada para santri akan pentingnya menulis, baik itu dalam kehidupan sehari-hari atau dalam menuntut ilmu. Dalam pembukaannya Kiai Ahmad menyampaikan, “Bila kita ingin memperkuat ilmu menjadi barokah, memantapkan ilmu sebagai manfaat, hendaklah dengan menulis, agar ilmu yang diperoleh tidak hilang.”

Melalui kegiatan ini pula, para santri dilatih untuk menumbuhkan wawasan mereka, dilatih untuk mencoba hal-hal baru guna menambah pengalaman mereka terhadap cabang kepenulisan, sehingga mereka sadar bahwa menulis memiiliki keistimewaan khusus dari kegiatan lainnya. “Tulisanmu akan menjadi senjatamu, orang yang menulis lebih baik daripada yang menghafal, menulis tapi tidak menghafal tidak akan medapatkan barokah, menghafal tapi tidak menulis sama saja, menghafal tapi tidak istiqomah juga sama, maka seimbagkan kedua hal tersebut dan InsyaAllah kamu akan mendapatkan barokah.” Ujar Putra Alm. Kiai Tidjani Jauhari Tersebut.

Baca Juga: Buka RTI, Kiai Khoiri Sebutkan Dua Tujuan Utama

Acara TMI Menulis tahun ini tidak hanya berfokus pada pengembangan keterampilan menulis, tetapi juga pada peningkatan pemahaman dan penerapan videografi serta fotografi. Hal tersebut disalurkan melalui beberapa workshop yang diadakan, mulai dari workshop pembuatan skenario film serta praktik pembuatannya, workshop desain dan workshop kepenulisan seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

TMI Menulis akan diselenggarakan selama satu pekan sejak hari rabu (10/01) hingga (17/01). Terdapat 10 lomba individu, 7 lomba serentak, 4 lomba tim dan 3 workshop.(Iqbl)