Al-Amien Prenduan, TMI – Setelah sepekan berjalan, agenda kegiatan TMI Menulis resmi berakhir, Rabu malam (17/01). Pagelaran Malam Anugrah Literasi & Sastra menjadi tanda berakhirnya agenda kegiatan tersebut yang dilaksanakan di Puspagatra TMI Al-Amien Prenduan.

Baca Juga: Buka Ujian Hifzhil Qur’an JQH, Mudir ‘Aam Harap Capai Target Maksimal

Sejak awal pekan, para peserta TMI Menulis terlibat dalam berbagai kegiatan menulis, mulai dari workshop kreatif, lomba kepenulisan hingga pembuatan film pendek yang merupakan inovasi baru dalam agenda tahunan TMI. “Kegiatan yang kita laksankan dari tahun ke tahun selalu berkembang, selalu ada inovasi-inovasi baru untuk memberikan rangsangan kepada santri-santri TMI Al-Amien Prenduan khususnya untuk bergerak dan tergerak hatinya dalam rangka mengikuti kegiatan TMI Menulis ini,” ujar Mudir Ma’had Putra TMI Al-Amien Prenduan, Ust. H. Abd. Qadir Jailani, M.Pd.I., pada sambutannya.

Pada TMI Menulis tahun ini, TMI luncurkan empat short movie. Adapun judul masing-masing film tersebut antara lain; “Suka Berlebihan”, yang disusun oleh santri shof I Intensif, “Jangan Makan Berdiri”, yang disusun oleh santri shof III reguler, “Sekian Menit”, yang disusun oleh santri shof III Intensif, dan “Penyesalan”, yang disusun oleh santri shof IV reguler.

“Ini merupakan langkah untuk melatih para santri dalam bidang perfilman, sekaligus menerapkan secara langsung keberagaman ide, kreativitas, dan pendekatan yang unik terhadap seni perfilman,” jelas Ust. Andi Alif, selaku OC. TMI Menulis tahun ini tentang alasan diadakannya workshop dan pembuatan film pendek.

Baca Juga: Jelang Khidmah Tarbawiyah, Majelis Kiai Silaturahmi dengan Para Pimpinan Lembaga

Setelah sesi pemutaran film, acara dilanjutkan dengan pembagian hadiah untuk para santri kategori individu. Acara dilanjut dengan drama musikal yang ditampilkan oleh anggota Teater Hilal. Puncak acara terjadi saat dilakukan pembagian hadiah untuk para santri kategori kelompok, serta ditetapkannya Buletin Rabbani sebagai Buletin terbaik di TMI Menulis 2024 ini. (Iqbl)