Al-Amien Prenduan, TMI – Panggung Gembira digelar oleh Santri kelas akhir angkatan XLIX TMI Al-Amien Prenduan, Senin (30/10).  Pagelaran dengan tema “Syiarkan Nilai-Nilai Pancajiwa, Lestarikan Budaya Nusantara” tersebut dilangsungkan di Football Stadium Al-Amien Prenduan.

Acara diawali dengan penyerahan Buku Pintar oleh santri Niha’ie dan beberapa cendera mata. Setelahnya, acara dilanjutkan dengan penabuhan gong oleh Wakil Pimpinan Ponpes Al-Amien Prenduan, KH. Dr. Ghozi Mubarok Idris, MA., sebagai tanda dibukanya acara.

Baca Juga: Dauroh Tadribiyah, Bekal Membina Santriwati Fasih Berbahasa Arab

Dalam kesempatan itu, Kiai Ghozi menyampaikan beberapa hal tentang acara ini. “Panggung seperti ini, pentas seperti ini, adalah sesuatu yang merupakan bagian dari tradisi dan sunnah pondok kita,” ujar Putra KH. Muhammad Idris Djauhari itu.

Beliau bercerita, bahwa di awal berdirinya pondok, bagi sebagian pihak, santri bernyanyi dan berdrama merupakan hal tabu. Tetapi para kiai Al-Amien saat itu berpendapat bahwa acara seperti ini merupakan salah satu strategi pendidikan dan dakwah.

“sehingga karena itu, ini terus kita lestarikan, terus kita jadikan budaya,” lanjut Kiai Ghozi. Beliau berharap dengan adanya acara semacam ini, akan lahir musisi dan dramawan Islam yang menjadikan penampilannya sebagai dakwah pada masyarakat.

Kiai Ghozi juga mengingatkan, bahwa Panggung Gembira ialah puncak penampilan yang luar biasa. “Maka kita berharap, Panggung Gembira ini menjadi sesuatu yang fi nihayatil jaudah, di puncak kehebatannya, di puncak kebaikannya, karena yang menampilkan adalah santri-santri kelas akhir,” pungkas Beliau

Pada acara inti santri niha’ie menampilkan beberapa kesenian seperti Tari Saman Kolosal, Drum Battle, Pencak Silat, Vocal Group, Dramatisasi Puisi, Dance Lamp dan Drama Musikal. Salah satu penampilan yang menarik perhatian penonton adalah Dance Lamp dengan menggunakan media lampu yang dibawa oleh masing-masing dancer serta penampilan Jabbawockeez di dalamnya.

Baca Juga: Formatur Ketiga Menang Telak dalam Pemilihan DPS ISMI 2023

Tentu saja kesuksesan acara Panggung Gembira ini tidak lepas dari Koordinasi antara Panitia Nihai serta Ketua Pelaksana dengan seluruh santri niha’ie. “Kita ingin dari lajnah dan santri terlibat, kita sudah mempersiapkannya sejak liburan pertengahan tahun, di sela-sela para pengurus membuat LPJ,” ujar PO. Niha’ie, Kiai Ali Ibnu Anwar.

Hal baru dari Panggung Gembira kali ini adalah adanya sponsorship untuk mendukung kesuksesan acara tersebut. “Ini salah satu edukasi agar mereka punya bekal ketika hendak menyelenggarakan acara serupa, setelah mereka lulus kelak,” tambah Kiai Ali.(Iqbl)

2 thoughts on “Memukau, Panggung Gembira Santri Niha’ie Usung Tema Budaya dan Pancajiwa

  1. Pingback: Panggung Gembira 635 Media Kreativitas Santriwati Kelas Akhir | TMI Al-Amien Prenduan

  2. Pingback: Amaliah Tadris, Jantung Program Santriwati Niha’ie | TMI Al-Amien Prenduan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.