Al-Amien Prenduan, TMI – Guru senior TMI, Ust. Dr. Ach. Nurholis Majid, M.Pd., meraih predikat Lulusan Terbaik Program Pendidikan Doktor (S3) di Universitas Muhammadiyah Malang, Selasa (30/05). Predikat itu berhasil beliau sandang setelah beliau mencatatkan kelulusan dengan IPK cum laude 3,98.

Baca Juga: Kiai Ahmad Sambut Rombongan Silaturahmi PP. Babus Salam

Guru kelahiran Masalembu itu menghabiskan 2 tahun 8 bukan untuk menyelesaikan studi doktoralnya. Disertasinya mengambil tema “Konstruksi Identitas Sekolah Islam Terpadu”.

Tema itu beliau ambil sebab saat ini masyarakat memandang lembaga pendidikan Islam secara monolitik. “Hal ini menjadi lebih tidak apik ketika lembaga pendidikan Islam mendapat stigma negatif. Hal yang menggerogoti kondisi tersebut dimulai oleh krisis identitas lembaga pendidikan Islam,” tutur Alumnus TMI 2006 itu.

Baca Juga: Alumni TMI Raih Predikat Mumtaz di King Abdul Aziz University

Lebih lanjut, beliau mengungkapkan keberhasilannya ini tidak lepas dari dukungan banyak pihak, terutama Pimpinan Pondok dan para guru. “Saya tentu sangat berterimakasih kepada para Masyayikh, Pimpinan Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, KH. Dr. Ahmad Fauzi Tidjani, Ph.D., Wakil Pimpinan Pondok, KH. Dr. Ghozi Mubarok, M.A., yang telah memberi kesempatan kepada saya untuk melanjutkan studi jenjang doktoral ini. Anugerah ini saya persembahkan kepada beliau dan seluruh guru,” ujar pengajar Bahasa Indonesia di TMI itu.

Beliau merasa bahwa pencapainnya ini bagaikan mimpi, mengingat latar belakangnya yang lahir dari keluarga sederhana di pulau terpencil. “Dulu di kampung saya, tidak ada sekolah menengah atas, mungkin ujian sekaligus anugerah sehingga saya bisa merantau ke luar pulau untuk belajar sungguh-sungguh,” ujar Staf Tim Penjaminan Mutu TMI itu. Beliau mengaku bahwa tantangan saat ini ialah bagaimana beliau mempertanggungjawabkan gelar ini untuk lebih bermanfaat di masyarakat.(FS/Zeal)

2 thoughts on “Guru TMI Raih Predikat Lulusan Terbaik Program Doktor UMM

  1. Pingback: Nyala Obor Tandai Dimulainya PORSENI |

  2. Pingback: Santri TMI Raih Juara Baca Puisi Karya Taufiq Ismail Tingkat Nasional | TMI Al-Amien Prenduan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.