Al-Amien Prenduan, TMI- Ahad (15/05), Dalam rangka meningkatkan kualitas guru, Ma’had TMI Putri menggelar kegiatan Workshop Bimbingan dan Konseling bagi para Ustadzah. Dengan mendatangkan tiga narasumber dan praktisi, Workshop Keguruan tersebut digelar di Gedung Geserna Putri.

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas Calon Guru, TMI Gelar Workshop Keguruan

Workshop Bimbingan dan Konseling ini, dihadiri oleh beberapa pemateri dan praktisi di bidangnya, yaitu Ustadzah Rochiyatin Rifai, S.Ag., Praktisi Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) asal Pamekasan, Nyai Nazlah Hidayati, M.Psi. dan KH. Bagus Amirullah, M.Sy. yang merupakan Konsultan Lembaga Psikologi Terapan Al-Amien (El-Psika).

Ustadzah Rochiyatin dalam acara tersebut menyampaikan tentang pentingnya peran seorang guru dalam menentukan karakter anak didik.

“Guru yang berkarakter akan melahirkan murid yang berkarakter pula,” ucap perempuan yang pernah aktif mengajar di Pondok Putri 1 Al-Amien tersebut.

Dalam kesempatan ini juga, Nyai Nazlah (sapaan akrab beliau), menyampaikan tentang solusi bagaimana cara kita bertanggung jawab dan menumbuhkan kesadaran diri.

“Dalam membangun tanggung jawab harus ada yang namanya Kesadaran untuk melakukan, Kesediaan untuk melakukan, Kemampuan untuk melakukan, dan Komitmen untuk melakukan,” terang beliau.

Baca Juga: Workshop Niha’ie Sebagai Program Awal Santri Kelas Akhir TMI

Lain halnya dengan KH. Bagus Amirullah, M.Sy., dalam materinya beliau membahas tentang cara menumbuhkan spiritualitas pendidik, “Yang diperlukan adalah menata niat, menjadi teladan, investasi ilmu mengangkat derajat, dan meningkatkan kualitas diri,” tegasnya.

Workshop Bimbingan dan Konseling dilaksanakan selama dua hari sejak hari Ahad 15 Mei – Senin 16 Mei 2022. Diikuti sebanyak 135 Ustadzah pengabdian, dibawah penanggung jawab Kabid. Keguruan Idarah Ma’had TMI Putri. (t3)

2 thoughts on “Workshop Bimbingan dan Konseling, Perkuat Karakter Guru di TMI

  1. Pingback: 132 Santri Baru Ikuti Ujian Penempatan Gelombang Pertama | TMI Al-Amien Prenduan

  2. Pingback: Membaca Pendahuluan | TMI Al-Amien Prenduan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.