Al-Amien Prenduan, TMI – Rabu (02/02), Apel Bulanan dilaksanakan oleh setiap marhalah di TMI. Khusus Putri, Ust. Zainal Abidin, M.Pd, selaku Mudir Mahalah MTs TMI Putri, memimpin apel di Marhalah Tsanawiyah Putri. Pun, begitu pula Ust. H. Saiful Anam, M.Pd, sebagai Mudir MA TMI Putri memimpin di marhalahnya.

Acara rutin awal bulan Hijriah ini dilaksanakan di Marhalah masing-masing. Kegiataan yang dimulai pada pukul 06.45 wib tersebut, dihadiri oleh seluruh santriwati di masing-masing Marhalah dan para ustādzāt staf Marhalah.

Dalam arahannya, Mudir Marhalah Tsanawiyah mengevaluasi proses pembelajaran santriwati. Seperti penuntasan Syarat Kecakapan Ibadah Amaliyah (SKIA). Jadwal akhir penuntasan SKIA untuk kelas 1, 2, dan 3 reguler tanggal 27 Januari lalu, sedangkan untuk kelas 1 intensif tanggal 03 Februari esok. Beliau menghimbau para santriwati untuk segera menuntaskan SKIA ini, agar mereka fokus belajar guna persiapan Muroja’ah ‘Ammah Rubu’ IV. Tak hanya itu, beliau juga mengumumkan bahwa Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) insyaAllah akan berakhir pada 27 Februari lepas.

Baca Juga: TMI Kembali Helat ISMI Consulate League 2022

“Kembangkan semangat belajar kalian. Jangan mau kalah dengan para alumni Tsanawiyah kemarin. Nilai-nilai kalian harus lebih bagus dari mereka. Saya berharap, kalian semua naik kelas dengan nilai yang memuaskan. Kelas 1 naik kelas 2, 1 intensif naik kelas 3 intensif, kelas 2 naik kelas 3, dan kelas 3 naik kelas 4. Tanpa ada satupun dari kalian yang tinggal kelas,” tegas Beliau. “Dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan. Karena kebersihan adalah sebagian dari iman,” tambahnya.

Apel Bulanan yang dilaksanakan setiap awal bulan Hijriyah ini bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan dan proses belajar santriwati, membacakan agenda mendatang, serta memotivasi santriwati dalam mengembangkan semangat belajar, kemampuan dan kratifitas mereka.

Hal senada juga dicanangkan oleh Mudir Marhalah Aliyah Putri, yang dalam sambutannya beliau menuturkan setidaknya terdapat 4 poin penting yang perlu diperhatikan secara khusus di akhir MID ini. Diantaranya, mengenai pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), diharuskan untuk semangat dan aktif baik pengajar maupun pelajar. Menjaga kebersihan dimanapun dan kapanpun, baik diluar maupun dalam kelas. Peletakan papan putih kecil setiap kelas, dimaksudkan agar menjadi sarana para santriwati untuk mengingkatkan kreatifitas dalam ranah literasi. Serta, nilai minimum yang mesti diperhatikan untuk bisa lulus ke kelas berikutnya.

Baca Juga: Gelar Acara Talkshow, Hadirkan Tiga Alumni Sukses di Bidang Kedokteran

Pada kesempatan kali ini, Mudir Marhalah Tsanawiyah mempersilahkan Bagian Perpustakaan mengumumkan para Juara Lomba Mading yang dimulai sejak sebulan lalu, yang diadakan antar kelas. Dengan kriteria kreatifitas dan kualitas karya yang diperbaharui per-minggu, berikut para pemenang lomba ini: Shof 1 reguler; Juara 1 kelas 1 reguler D, Juara 2 kelas 1 reguler A, dan Juara 3 kelas 1 reguler H. Shof 1 intensif; Juara 1 kelas 1 intensif A, Juara 2 kelas 1 intensif D, dan Juara 3 kelas 1 intensif C. Shof 2 reguler: Juara 1 kelas 2 reguler H, Juara 2 kelas 2 reguler E, dan Juara 3 kelas 2 reguler A. Shof 3 reguler, Juara 1 kelas 3 reguler E, Juara 2 kelas 3 reguler F, dan Juara 3 kelas 3 reguler H. Hadiah diberikan secara simbolis kepada ketua kelas. Para wali kelas pemenang diberi kesempatan berfoto bersama ketua kelas mereka.

Lomba Mading ini diadakan guna mengembangkan kemampuan literasi santriwati. Tak hanya Mading, Bagian Perpustakaan Marhalah Tsanawiyah juga mengadakan Lomba Menulis Puisi yang akan diumumkan pemenangnya pada kesempatan yang akan datang. (SH)

One thought on “Mudir Marhalah: Fokus Belajar dan Siapkan Diri Hadapi Ujian Akhir Tahun

  1. Pingback: Gebyar Istama, Asah Kemampuan Santri Menjadi Kompetensi Tak Sekedar Ability | TMI Al-Amien Prenduan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.