Pengasuh Ma’had TMI saat menyampaikan arahan sebelum pelepasan kafilah khidmah tarbawiyah

Al-Amien Prenduan, TMI– Pengasuh Ma’had TMI KH. Dr. Ghozi Mubarok, M.A., melepas kafilah rombongan Khidmah Tarbawiyah, kamis pagi (06/01). Beliau mengajak segenap santri kelas akhir untuk jalankan kegiatan tahunan TMI ini dengan baik dan terencana, sesuai dengan arahan dan petuah yang telah disampaikan dalam beberapa sesi pembekalan dua hari sebelum ini.

Dalam kesempatan tersebut, Pengasuh mengajak seluruh santri kelas akhir (niha’ie) agar senantiasa memberikan yang terbaik dalam kesempatan berkhidmah ini. Beliau menyampaikan, bahwa kualitas terbaik yang paling diharapkan dari program khidmah setidaknya meliputi tiga hal yakni ilmu, ibadah, dan akhlak.

Baca Juga: Silaturahmi Majlis Kiai dan Pimpinan Lembaga Tempat Khidmah Tarbawiyah

“Menjadi orang yang berilmu dan memiliki keterampilan, menjadi orang yang istiqomah dan konsisten dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT., dan menjadi santri-santri yang paling sempurna akhlak dan adabnya,” terangnya.

Potret peserta khidmah saat menedengarkan dengan seksama arahan pengasuh

Lebih lanjut, beliau juga mengutarakan bahwa ketiga nasihat ini sebenarnya sudah didengungkan oleh para ulama terdahulu.

“Orang yang tidak bisa baca kitab, yang tidak bisa mengaji dan tidak berilmu, maka setidaknya dia menjadi ahli ibadah. Orang yang tidak bisa konsisten dalam menjalankan ibadah, setidaknya dia bisa menjaga adabnya. Jangan sampai hilang, jangan sampai kalian tinggalkan sama sekali,” pungkasnya.

Baca Juga: Pembukaan Khidmah Tarbawiyah, Pengasuh Paparkan Makna dan Filosofi Kata “Khidmah”

Sebelum akhirnya kafilah-kafilah khidmah diberangkatkan, Beliau menghimbau kepada seluruh pendamping rombongan untuk memimpin doa safar, sebagaimana sudah menjadi bagian dari kesunnahan pondok. (Az)

One thought on “Tiga Poin Utama Bekal Khidmah Tarbawiyah

  1. Pingback: Lepas Rombongan Khidmah, Mudir ‘Aam; “Bersandarlah pada dua tujuan TMI” | TMI Al-Amien Prenduan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.