Al-Amien Prenduan, TMI – Sehari selepas Idul Adha, Panitia Penerimaan Santri Baru (PSB) TMI 2024 ‘tancap gas’ melaksanakan Ujian Penempatan Santri Baru. Mudir Ma’had TMI Putra, Ust. H. Abd. Qadir Jailani, M.Pd., membuka langsung ujian itu.

Baca Juga: TMI Resmi Buka Penerimaan Santri Baru Gelombang II

Pembukaan ujian terlaksana di depan Gedung Puspagatra TMI Putra, pukul 06:28 WIB. Pada kesempatan itu, Beliau menghimbau para santri baru tidak takut terhadap ujian yang bakal mereka hadapi. Beliau juga mengingatkan mereka untuk tidak lupa berdoa, sehingga mendapat hasil terbaik.

Di waktu yang sama, TMI Al-Amien Prenduan Putri juga melaksanakan Ujian Penempatan Santri Baru. Mudir Ma’had TMI Putri, Ust. H. A. Tijani Syadzili, Lc., membuka resmi acara itu di depan Gedung MTs TMI Putri.

Pelaksanaan Ujian

Ujian ini bakal terlaksana selama empat hari, yaitu pada hari Selasa, Rabu, Kamis, dan Sabtu. Pada hari pertama ujian, mata pelajaran yang diujikan meliputi pelajaran Bahasa Indonesia, Imla’, dan Kitabah.

Hari kedua, yang bakal diujikan adalah pelajaran MTK dan Bahasa Inggris (khusus santri intensif atau santri lulusan SMP/MTs sederajat). Hari ketiga, giliran pelajaran Al-Qur’an dan Ibadah Amaliah yang diujikan.

Khusus hari ketiga, ujian bakal dilangsungkan di Masjid Jami’ Al-Amien Prenduan, bukan di kelas seperti ujian lainnya. Selain itu, ujian pada hari ketiga juga bakal dilaksanakan secara lisan, bukan tertulis seperti ujian lainnya.

Adapun hari keempat, Psikotest menjadi pelajaran yang bakal diujikan. Kemudian Ahad (24/06), dilaksanakan Pengumuman Kelulusan.

Mudir Marhalah Tsanawiyah TMI Putra K. Abdullah Muhammadi, M.Ag. mengungkapkan, bahwa ujian tes membaca Al-Qur’an akan menjadi faktor penentu kelulusan santri baru. “Ketika mereka mengaji sesuai patokan kita, maka otomatis langsung kelas I, adapun penempatan mereka kelas I apa (a,b,c,d) dan seterusnya, itu sesuai materi ujian tulisnya.” ungkapnya.

Baca Juga: Dua Jawara Baca Puisi TMI Kembali Torehkan Prestasi

Sebanyak 470 santri/wati mengikuti Ujian Penempatan Santri Baru tahun ini. Rinciannya, 337 santri berasal dari lulusan SD/MI sederajat, dan 133 sisanya berasal dari lulusan SMP/MTs sederajat.(Zeal)