Al-Amien Prenduan, TMI – Rifki Rizky Rulliana dan Ade Surya Akbar kembali raih prestasi dalam lomba baca puisi. Keduanya kompak mengamankan posisi juara dalam Lomba Baca Puisi Tingkat Umum se-Madura yang diadakan oleh UKM Sanggar Lentera STKIP PGRI Sumenep.

Panitia melaksanakan lomba itu pada Senin (10/06), di Pendopo Keraton Sumenep dalam rangka Pekan Seni Madura ke-8. Bertanding di Tingkat umum, keduanya bersaing dengan 80 peserta lainnya yang datang dari berbagai penjuru Madura.

Baca Juga: TMI Resmi Buka Penerimaan Santri Baru Gelombang II

Rifki meraih Juara 1 dalam lomba itu dengan perolehan nilai 688. Santri kelas VI IPSI A asal Bandung itu, unggul 9 poin dari peraih Juara 2 yang mengemas poin 679.

Adapun Ade, ia harus puas dengan meraih Juara Harapan 2. Santri VI IPSI A asal Lombok Barat itu meraih hasil tersebut setelah ia mengemas poin sebesar 662.

Kemenangan Ini Menambah Daftar Panjang Prestasi Keduanya

Kemenangan ini menambah daftar Panjang prestasi keduanya dalam bidang Baca Puisi. Bagi Rifki, ini merupakan kemenangan keduanya pada tahun ajaran ini.

Sebelumnya, ia meraih Juara 1 Lomba Baca Puisi even Peringatan Hari Chairil Anwar (PHCA) 2024, yang bertemakan “Melenggang Batas Chairil Anwar.” UKM Cakra Universitas Negeri Semarang sebagai penyelenggara melaksankaan lomba itu secara daring pada tanggal 16 April – 5 Mei 2024.

Secara keseluruhan, kemenangan ini merupakan kemenangan kali ke-12 Rifki dalam baca puisi terhitung sejak pertama kali karirnya. Hasil terbaiknya adalah saat dia meraih Juara 2 Baca Puisi Nasional Tingkat SMA/SMK/MA sederajat, yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Indonesia (DJBC).

Baca Juga: Pentas Seni, Cara TMI Asah Bakat Santriwati

Lomba itu merupakan bagian dari even CEFHS (Customs and Excise Festival for High School) yang terlaksana sejak 17 Juli-20 Agustus 2023. Kala itu, Rifki harus berjuang melawan 806 peserta lainnya demi bisa mengamankan posisi sebagai juara 2.

Di sisi lain, bagi Ade kemenangan ini adalah kemenangan pertamanya di tahun ajaran ini. Sebelumnya, Ade meraih Juara 1 Baca Puisi Tingkat Nasional Bulan Bahasa Himkesda 2023.

Himpunan Mahasiswa Prodi D3 Keperawatan Sidoarjo sebagai penyelenggara melaksanakan lomba itu pada tanggal 05 September sampai 06 Oktober 2023. Hasil itu merupakan hasil terbaik Ade dari total 5 lomba baca puisi yang pernah ia ikuti.(Zeal)