Al-Amien Prenduan, TMI – Andalas FC memastikan diri sebagai pemenang dalam final Consulate Cup 2024. Kemenangan diraih pasca kesebelasan konsulat Sumatera ini berhasil menumbangkan Nustaba FC dengan skor agregat 3-0 tanpa balas.

Baca Juga: Nyala Obor Tandai Bergulirnya Consulate Cup 2023

Babak Pertama

Andalas FC menunjukkan dominasinya sejak menit awal, mengendalikan penguasaan bola dan bermain ofensif. Hingga pada menit ke-12, salah satu penyerang Andalas FC, Ust. Rifky Varlian, memecahkan kebuntuan melalui serangan balik yang begitu cepat.

Tak berlangsung lama, pada menit ke-14, Andalas mendapatkan peluang emas setelah salah satu pemain Nustaba terkena handsball di dalam kotak penalti. Ust. Rifky Varlian menjadi eksekutor tendangan penalty, tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Dengan tenang dan akurat, pemain andalah HORAS Al-Amien itu menjalankan tugasnya dan mengubah tendangan penalti menjadi gol kedua untuk Andalas FC. Skor 2-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Babak Kedua

Kedua tim melakukan perubahan taktik dan pergantian pemain untuk meraih hasil terbaik. Dengan keunggulan 2-0 di babak pertama, Andalas FC tetap fokus untuk mempertahankan keunggulan mereka, sementara tim asuhan Ust. Isman Ahadi Leburaya, Nustaba FC berusaha keras untuk mengembalikkan keadaan.

Pertandingan berlangsung sengit dengan kedua tim saling berhadapan dalam duel serangan dan pertahanan. Namun, Andalas FC tetap kuat dalam menjaga pertahanan mereka dan mengendalikan tempo permainan. Pada menit ke-38, Andalas FC kembali mendapatkan peluang emas setelah pemain belakang Nustaba  Fc melakukan handsball di dalam kotak penalti.

Kali ini, M. Haqqul Zizou menjadi eksekutor penalti dan berhasil menjebol gawang Nustaba hingga mengubah skor menjadi 3-0. Setelah gol ketiga ini, Andalas semakin mempertahankan kendali atas pertandingan. Meskipun Nustaba berusaha untuk menciptakan peluang, mereka kesulitan menembus pertahanan rapat yang diperlihatkan oleh kesebelasan santri asal Sumatera ini. Hingga pada akhirnya pertandingan berakhir dengan kemenangan telak 3-0 untuk tim Andalas FC tersebut.

Di Akhir acara, Mudir Ma’had TMI Putra, Ust. H. Abd. Qodir Jailani, S.Pd.I memberikan penghargaan kepada Andalas FC sebagai pemenang Consulate Cup 2024, penghargaan Runner Up juga diberikan kepada kesebalasan santri Indo Timur atau Nustaba FC yang mampu berjuang hingga memperoleh posisi kedua, Top Score diraih oleh M. Haqqul Zizou dan Top Player diraih oleh Satria Ardywardana santri Syu’bah Tamhidi-A asal Bangka Belitung.

Baca Juga: Hasil Babak Final ISMI Consulate League 2022: Al-Jazair Kalahkan Sampang Lewat Drama Adu Penalti

Dalam sambutannya Ust. Qodir berpesan agar pertandingan Consulate Cup ini dapat menjadi batu loncatan kepada para pemain untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam berolahraga khususnya sepak bola, “Kepada tim yang kalah, kesebelasan Nustaba tidak boleh putus asak arena didepan kalian masih ada prestasi-prestasi yang perlu kalian raih selanjutnya.” Pungkas beliau.

Dengan hasil ini, santri-santri asal Sumatera yang tergabung dalam kesebelasan Andalas FC ini semakin menunjukkan dominasinya sebagai jawara Consulate Cup, setelah sebelumnya di tahun 2023 juga keluar sebagai juara. (Iqbl)