Al-Amien Prenduan, TMI – Santri/wati Ma’had TMI Al-Amien Prenduan melangsungkan ujian secara serentak hari ini, Sabtu (02/12). Santriwati Nihaie mengikuti Ujian Evaluasi Belajar Tahap Akhir (EBTA). Sementara santri kelas I hingga kelas V, akan melaksanakan ujian Muraja’ah ‘Ammah, selama dua pekan ke depan.

Baca Juga: Buka Ujian EBTA, Kiai Ghozi Sampaikan 3 Harapan Penting

Pembukaan ujian EBTA, berlangsung di depan Geserna (Gedung Serba Guna). Acara pembukaan tersebut, dihadiri oleh Pimpinan dan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, KH. Dr. Ahmad Fauzi Tidjani, MA. serta  jajaran mudir TMI Putri. Sementara pengarahan ujian Muraja’ah ‘Ammah, dilaksanakan di depan Marhalah masing-masing.

Dalam sambutannya, Kiai Ahmad menyampaikan bahwa ujian EBTA merupakan bagian penting dari program Nihaie yang harus diikuti oleh seluruh santriwati Nihaie. “Hakikat ujian adalah al-imtihan lit ta’allum, laysa ta’allum lil imtihan. Ini yang harus disadari bersama,” tutur Beliau.

Sementara itu di tempat berbeda, dalam pembukaan ujian Muraja’ah ‘Ammah, Mudir Marhalah Tsanawiyah, Ust. Zainal Abidin, M.Pd., berpesan kepada santriwati untuk jangan belajar semata-mata karena ujian. Sebab itu akan membuat santri salah niat. “Kalian juga harus bersungguh-sungguh dan bersemangat dalam belajar. Kunci kesuksesan adalah semangat, sebodoh-bodohnya seseorang jika dia semangat dan bersungguh-sungguh pasti akan sukses,” pesan Beliau.

Di tempat lain, Mudir Marhalah Aliyah, Ustadz H. Saiful Anam, M.Pd, menyampaikan agar seluruh santri menjaga kesehatan. Jika merasa lelah, kata beliau, istirahatlah! Agar tubuh tetap sehat. “Minta doa kepada orang tua, agar diperlancar ujiannya,” demikian penuturan Beliau.

Tahun ini, baik EBTA dan Muraja’ah ‘Ammah berbeda dari tahun-tahun kemarin. Ujian EBTA tahun ini dilaksanakan dua tahap. Sehentara Muraja’ah ‘Ammah, dilaksanakan di kelas masing-masing bersama para pengajar, sesuai jadwal pelajarannya.

Baca Juga: Maklumat Pelaksanaan Muraja’ah Ammah & EBTA Nihaie

Nur Zulfa Zahiroh, salah satu santriwati yang dijumpai oleh tim Media berharap, dengan adanya ujian kali ini dapat menjadikannya lebih giat lagi dalam belajar dan lebih memahami pelajaran selama satu Mid Semester. (din)

4 thoughts on “Serentak, Ujian EBTA Nihaie dan Muraja’ah Ammah dibuka Hari Ini

  1. Pingback: Buka Ujian EBTA, Kiai Ghozi Sampaikan 3 Harapan Penting |

  2. Pingback: | TMI Al-Amien Prenduan

  3. Pingback: Pembukaan RTI, Kiai Khoiri Sebutkan Dua Tujuan Utama | TMI Al-Amien Prenduan

  4. Pingback: 251 Santri Nihaie ikuti Rihlah Tabiyah Iqtishadiyah ke Unit-Unit Usaha Pondok | TMI Al-Amien Prenduan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.