Al-Amien Prenduan, TMI – KH. Dr. Ghozi Mubarok, MA., resmi membuka Ujian Tahap I EBTA Nihaie di Gedung PUSPAGATRA, Sabtu (12/02). Ujian kali ini menjadi ujian pertama dimana EBTA Nihaie dibagi ke dalam dua tahap pelaksanaan.

Baca Juga: Serentak, Ujian EBTA Nihaie dan Muraja’ah Ammah dibuka Hari Ini

“Dulu, ujian nihaie itu kita laksanakan sekaligus, tahun ini kita mencoba cara yang berbeda, kita membagi ujian itu dalam beberapa tahap,” tutur Kiai Ghozi. TMI menerapkan pembagian itu tahun ini, agar ujian kali ini membawa hasil yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Pada tahap pertama EBTA, pelajaran-pelajaran yang diujikan mencakup al-‘ulum at-tanziliyah, yaitu pelajaran yang berkenaan dengan Bahasa Arab dan pelajaran Agama. Selain itu, ujian ini hanya mencakup ujian tahriri (tulis).

Ujian yang bakal dilaksanakan selama 11 hari ini, sejak Sabtu hingga Rabu (13/12) ini diikuti 234 santri nihaie. Total pelajaran yang diujikan di tahap pertama ini, ada 22 pelajaran.

Kiai Ghozi mengungkapkantiga hal yang diharapkan kesuksesannya dari ujian ini. Pertama, ujian ini diharapkan sukses dari segi prosedur dan pelaksanaan. “Artinya, ujian ini tidak boleh dilaksanakan dan dibiarkan di dalamnya mengandung kesalahan,” ungkap Putra KH. Muhammad Idris Djauhari itu.

Kedua, ujian ini diharapkan sukses dari segi hasil dan outputnya. “Kita berharap bahwa nilai yang kalian capai sebagai santri nihaie di ujian nihaie ini adalah nilai-nilai terbaik,” lanjut Beliau.

Baca Juga: Maklumat Pelaksanaan Muraja’ah Ammah & EBTA Nihaie

Ketiga, ujian ini diharapkan sukses dari segi substansinya. menurut Alumnus UIN Sunan Kalijaga itu, poin ini merupakan yang paling penting dari poin lainnya. “Kita berharap bahwa ujian nihaie ini sukses dari segi substansi ini dalam arti bahwa dia sukses membuat kalian belajar,” imbuh Beliau. (Zeal)

3 thoughts on “Buka Ujian EBTA, Kiai Ghozi Sampaikan 3 Harapan Penting

  1. Pingback: Serentak, Ujian EBTA Nihaie dan Muraja'ah Ammah dibuka Hari Ini | TMI Al-Amien Prenduan

  2. Pingback: | TMI Al-Amien Prenduan

  3. Pingback: Pembukaan RTI, Kiai Khoiri Sebutkan Dua Tujuan Utama | TMI Al-Amien Prenduan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.