Pendidikan di pesantren sangatlah penting, karena di pesantren kita akan belajar beragam ilmu, baik itu ilmu umum maupun ilmu agama. Pendidikan di pesantren juga memiliki sisi lain yaitu disiplin waktu dan disiplin diri.

Pendidikan Pesantren dapat membentuk karakter mandiri. Kebiasaan hidup mandiri, merupakan impian yang diharapkan oleh setiap orang tua.

Mengapa anak harus dipondokkan di pesantren? Karena zaman sekarang sudah mulai rusak dan tidak menentu. Banyak kejadian yang tidak diinginkan melanda anak didik, sehingga orang tua merasa pendidikan pesantren adalah tempat yang tepat untuk mendidik anak-anak mereka. Karena sistem pendidikan di pesantren akan mengarahkan anak-anak mereka ke jalan yang benar dan memiliki nilai-nilai yang diinginkan oleh para orang tua.

Pendidikan pesantren tentunya berbeda dengan pendidikan umum. Hasilnya pun juga akan berbeda. Setelah lulus anak yang menempuh pendidikan di pesantren akan terkesan lebih mandiri. Mereka sudah terlatih menghadapi segala sesuatu secara mandiri dari pada siswa sekolah umum.

Pola pendidikan di luar pesantren terkadang membuat anak lebih manja dan susah dikendalikan dalam hal disiplin waktu. Setiap orang tua tentu memimpikan agar anak-anak mereka sukses dan mandiri dalam urusan apa pun. Maka dari itu untuk menanamkan karakter mandiri, para orang tua banyak yang mempercayakan pendidikan anak-anak mereka ke lembaga pesantren.

Saat ini orang tua merasa kewalahan mengawasi anak-anak mereka. Apalagi bagi mereka yang hidup di daerah perkotaan yang sangat rentan terpengaruh dengan pergaulan yang sulit diatur. Karena zaman sekarang berbeda dengan zaman dua puluh tahun yang lalu.

Faktor lainnya, masih banyak sekali. Orang tua yang menginginkan anaknya dididik, namun anaknya tidak mau. Bahkan ada juga yang tidak mengikuti perkataan orang tua mereka, sehingga membuat orang tua kesal akan perilaku anak-anak mereka. Misalnya terpengaruh pergaulan yang tidak pantas, dan juga aksi premanisme. Maka dari itu orang tua mengarahkan anak-anak mereka untuk dididik di pondok pesantren.

Ada juga anak yang saking tidak maunya dididik sampai-sampai anak itu kabur, entah ke mana. Pendidikan di pesantren sangatlah penting karena mengarahkan anaknya menuntut ilmu, bukan mengarahkan anaknya untuk bekerja terlebih dahulu. Pola pendidikan anak di pesantren sangatlah bagus dan menjadi banyak harapan orang tua saat ini.

Pesantren yang berkualitas tinggi, tentu dapat mengarahkan anak didiknya di masa sekolah. Selain itu pesantren dapat menjadi salah satu tempat yang mampu membuat anak lebih mandiri.

Beberapa pernyataan di atas, alangkah baiknya jika orang tua membiasakan mendidik anak sejak dini dengan sebaik-baiknya. Kemudian biasakan anak mengetahui dasar-dasar kebaikan sejak kecil. Misalnya orang tua bisa mengajari anak-anak mereka bersimpati kepada orang lain dengan memberi dan berbagi. Atau juga mengajarkan anak-anak mereka dasar-dasar pengetahuan seperti membaca menulis dan lain sebagainya.

Bagi orang tua, jangan sampai membiarkan anak-anak mereka “ngelunjak” terutama di usia-usia rentan menjelang dewasa. Biasakan anak-anak berdisiplin untuk pergi ke sekolah tepat waktu atau mengikuti kegiatan ibadah di musala dan masjid sekitar. Selain itu, berilah motivasi kepada mereka, agar mereka berpikir untuk lebih bijak dan dapat mengatasi persoalan-persoalan mereka sendiri. Inilah beberapa hal yang akan mengantarkan mereka ke jalan kesuksesan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.