Al-Amien Prenduan, TMI – Pengasuh TMI Al-Amien Prenduan, KH. Dr. Ghozi Mubarok, MA., buka secara resmi Ujian Tahriri Akhir Tahun, Senin (20/02) di PUSPAGATRA TMI Putra. Di depan para santri, beliau mengemukakan tiga kriteria sukses dalam melaksanakan ujian.

Baca Juga: RGL Tekankan Kembali Sunnah-Sunnah dalam Pelaksanaan Ujian

“Pertama, jika ujian ini, kalian yang mengikutinya, seluruhnya selamat,” ucap beliau. Menurut beliau, kriteria pertama kesuksesan itu adalah selamat, sehingga tidak salah jika kemudian orang Islam berdoa ‘inna nas’aluka salamatan fiddin.

Kriteria kedua sukses dalam ujian yakni jika ilmu bertambah. “Makanya disebutkan dalam semboyan yang sering kita ulang-ulang dalam ujian itu; al-imtihan lit-ta’allum,” papar beliau. Beliau menyatakan bahwa Ta’allum itu berarti menambah ilmu, belajar.

Baca Juga: Tasyakkur JQH, Pimpinan: Bersyukurlah dengan Menjaga Al-Qur’an

Kriteria terakhir ialah mendapatkan nilai bagus, dan mendapatkan hasil yang memuaskan. “Kalian yang nilainya tambah baik, yang sudah berprestasi bisa mempertahankan prestasi akademiknya itu juga dengan baik, nah ini, ini yang ketiga,” ungkap beliau.

Lebih lanjut, beliau menjelaskan bahwa jika santri berhasil di dua kriteria pertama saja, maka santri itu bisa disebut sebagai santri sukses. Sebaliknya jika santri hanya berhasil di kriteria ketiga saja, maka ia hanya sukses secara lahiriah saja. “Kalau kalian mendapatkan yang nomor tiga saja, tidak dapat nomor satu, tidak dapat nomor dua, kalian hanya sukses di dunia saja, sukses secara lahiriah saja, tapi sesungguhnya kalian gagal di mata Allah SWT,” pungkas beliau.(Zeal)

3 thoughts on “Buka Ujian Tahriri, Pengasuh Sebutkan 3 Kriteria Sukses Ujian

  1. Pingback: Catatan Peringatan Isra' Mi'raj dan Sosialisasi PSB Al-Amien Prenduan IKBAL Korda Bangkalan | TMI Al-Amien Prenduan

  2. Pingback: Workshop Wawasan Kepemimpinan dan Keulamaan Santri Kelas Akhir, TMI Hadirkan Kiai Samson Rahman | TMI Al-Amien Prenduan

  3. Pingback: Ujian Syafahi Akhir Tahun TMI Al-Amien Prenduan Resmi Dibuka | TMI Al-Amien Prenduan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.