TMI Al-Amien Prenduan- Ust. H. Moh. Hamzah Arsa, M.Pd, salah satu Tim Ahli Pusat Media TMI mengisi acara Diklat Keredaksian di Meeting Hall TMI Pa, Kamis malam (09/07). Dalam acara rutin tahunan ini, beliau mengingatkan tim TMI Media Center bahwa setidaknya ada empat fungsi utama Pusat Media TMI.

Fungsi pertama yaitu sebagai pusat informasi. Menurut beliau Pusat Media TMI merupakan corong informasi TMI, dan semua informasi terkait pondok diberitakan melalui pusmed ini. “Jadi, bagaimana TMI ini dicitrakan tergantung pada Pusmed ini,” ungkap calon doktor di UIN Jember ini.

Baca juga: TMI Kembali Laksanakan Diklat Kepemimpinan Kelompok Santri

Fungsi kedua, sebagai media promosi. Melalui Pusat Media, TMI dipromosikan sebagai pencetak generasi Mundzirul Qaum serta mengubah pandangan masyarakat terhadap TMI. Fungsi ketiga, sebagai media edukasi. Dengan adanya Pusat Media, diharapkan masyarakat luas bisa teredukasi tentang filosofi pendidikan di TMI yang berjalan selama 24 jam.

Adapun fungsi terakhir, yaitu sebagai pusat dokumentasi, baik dalam bentuk dokumentasi cetak maupun dokumentasi digital. “Kalau dalam bentuk cetak, kita bisa membuat buku yang merangkum kegiatan di TMI dalam kurun waktu tertentu. Sedangkan dalam bentuk digital, dokumentasi tersebut akan tetap awet selama Website, Youtube, FB, IG milik kita tidak dihack atau semacamnya,” imbuh Sekretaris Umum TMI tersebut.

Khusus untuk fungsi terakhir ini, beliau menekankan bahwa selain berguna untuk saat ini, pusat media juga berguna untuk tahun-tahun mendatang. Menurut beliau, apa yang ada sekarang bisa menjadi sejarah bagi generasi penerus.

Di akhir acara, tim TMI Media Center berencana untuk membuat kelompok minat yang berkaitan dengan jurnalistik dan fotografi-videografi di kalangan para santri. Rencana itu berkaitan erat dengan pengkaderan generasi baru di dua bidang tersebut. Sehingga di masa mendatang muncul generasi yang siap bertugas di bidang jurnalistik dan fotografi-videografi. (DF)

Baca juga: Pendaftaran Santri Baru TMI Diperpanjang Hingga 15 Juli 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.