Al-Amien Prenduan, TMI- “Berapa buku yang kamu baca? Berapa lembar yang telah kamu tulis? Menulis diharapkan menjadi budaya, habits, sehingga pondok ini dikenal sebagai gudangnya penulis, ketika kalian menulis maka tulisan kalian akan dibaca banyak orang dan tulisan itu akan menjadi abadi,” jelas KH. Suyono Khattab, M.Pd. saat menutup acara Kontes Jawara Menulis 2022. (17/02).

Dalam kesempatan tersebut Mudir Mahad TMI menyampaikan banyak petuah dan harapan kepada para santriwati agar tradisi menulis tidak hanya berlangsung di masa-masa KJM saja, beliau berharap tradisi tulis menulis ini dapat berkelanjutan.

Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa acara KJM ini merupakan media, alat agar para kiai, Nyai, Guru, dan semua santri memiliki budaya menulis. Beliau juga banyak menyampaikan akan urgensi dari menulis ini, dimana menulis tradisi yang sudah berlangsung sejak lama, tradisi yang sering dilakukan oleh para ulama terdahulu.

Baca Juga: Kontes Jawara Menulis (KJM), Peluang Santri Unjuk Bakat Terpendam

“Menulis adalah perintah agama, menulis adalah tradisi para ulama zaman dulu, nah kita diharapkan untuk mengikuti dan melestarikan kebiasaan para ulama yaitu menulis, jangan banyak bicara melainkan kita harus banyak membaca dan menulis,” tambahnya.

Di akhir acara, panitia mengumumkan para pemenang lomba sekaligus penentuan Miss Kontes Jawara Menulis 2022 (KJM), yang mana pada tahun ini pemilihannya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika pada tahun sebelumnya pemilihan Miss KJM dipilih dari shof terbaik, untuk penentuan Miss KJM, tahun ini dipilih enam kandidat calon yang mempresentasikan hasil karya mereka di depan seluruh santriwati, baik berupa cerpen, karya tulis ilmiah, dsb. Mereka adalah penulis dari perwakilan santriwati terbaik, juga dari penulis anggota  SSA- FILIA, dan perwakilan dari anggota FKN. Dari enam kandidat tersebut terpilih tiga miss KJM terbaik, yaitu Nanda Faidatus S. Kelas III Intensif E (Kategori santriwati terbaik), Alya Ziyan Imtiyaz kelas IV A (kategori  anggota SSA – FILIA),Kaniyah Vondro Kelas III C (Kategori Anggota FKN).

Setelah pengumuman pemenang lomba, acara dilanjutkan dengan berbagai suguhan penampilan yang dibawakan oleh Pengurus ISTAMA dan berhasil disambut dengan meriah oleh para santriwati. (RA)

2 thoughts on “Tutup KJM 2022, Mudir Ma’had Ajak Santriwati Tingkatkan Kebiasaan Menulis

  1. Pingback: Malam Apresiasi TMI Menulis dan Konser Musik Religi Hadirkan Musisi Turmedzi Jaka | TMI Al-Amien Prenduan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.