Al-Amien Prenduan, TMI Serentetan agenda kegiatan TMI Menulis telah berakhir Ahad malam (20/02). Hal ini ditandai dengan digelarnya acara Malam Apresiasi Sastra yang berkolaborasi dengan pagelaran seni musik yang dikemas dalam Konser Musik Religi, salah satu agenda penting kesyukuran setengah Abad TMI Al-Amien Prenduan.

Turut meriahkan Konser Musik Religi tersebut, hadir seorang musisi mashur bernama Turmedzi Jaka yang membawakan beberapa lagu puitis andalan, seperti lagu yang berjudul Cermin Hati, Istighfar, Sukma, dsb.

Baca Juga: Tutup KJM 2022, Mudir Ma’had Ajak Santriwati Tingkatkan Kebiasaan Menulis

Mengenai lagu-lagu bernada islami itu beliau menuturkan, bahwa masa-masa santri merupakan masa di mana jiwa-jiwa jihad fī sabīlillāh tumbuh dan berkembang. Dari hasil perenungan itulah, tuturnya, kemudian lagu-lagu itu berlahiran.

“Semoga lagu-lagu yang kami bawakan ini dapat turut mewarnai perjuangan suci antum semua. Selamat berjuang, selamat berjihad di lingkungan yang penuh dengan kedamaian ini,” tutur seniman sekaligus pengasuh Sanggar Adz-Dzikir asal Prenduan itu.

Acara dikemas sedemikian rupa oleh panitia penyelenggara sehingga Malam Apresiasi TMI Menulis Tahun ini lebih meriah dibanding tahun sebelumnya. Di antara beberapa unsur yang pembedanya sendiri terletak pada dua hal yakni, hadirnya dua musisi ternama K. Zarkasyi Rahiem dan K. Turmedzi Jaka, notabene perintis sekaligus pendiri grup band ternama Gema Sakral dan Launcing 22 Buku Antologi Bersama karya santri TMI yang berhasil disusun dalam kurun waktu selama 1 minggu.

“Malam ini, ada dua acara yang dikolaborasikan. Pertama adalah malam apresaisi TMI Menulis. Ini acara rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Dan tak  lupa, bintang tamu kita malam ini, K. Zarkasyi Rahiem dan K. Turmedzi Jaka. Beliau berdua ini adalah alumni TMI Al-Amien yang sekaligus musisi. Beliaulah yang membesarkan nama Gema Sakral,” tutur Ust. H. Moh Hamzah Arsa dalam sambutannya.

Baca Juga: Semarak Literasi, ‘TMI Menulis’ Kembali Digelar Tahun Ini

Selain nyanyian puitis yang dibawakan oleh Grup Band Adz-Dzikir, nanyian yang dibawakan K. Zarkasyi Rahiem pun turut mewarnai keseruan Konser Musik Religi malam itu. Diantara lagu-lagu yang dibawakan kiyai kelahiran Prenduan ini adalah, Mars Gema TMI dan Senandung Jihad Suci.

“Lagu ini, dulu kita release ketika kita masih tinggal di rayon Al-Yaqzhah. Ketika itu, habis isya’. Saya ingat betul,” kenangnya. (Jar/Az)

2 thoughts on “Malam Apresiasi TMI Menulis dan Konser Musik Religi Hadirkan Musisi Turmedzi Jaka

  1. Pingback: Launcing 22 Judul Buku Karya Santri Meriahkan Malam Apresiasi TMI Menulis | TMI Al-Amien Prenduan

  2. Pingback: Tasyakkur Hifzhil Qur’an (JQH) Penuhi Harapan Pimpinan | TMI Al-Amien Prenduan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.