Al-Amien Prenduan, TMI – Rangkaian English week ditutup dengan Exhibition Night sebagai malam puncak pekan bahasa Inggris ini, Rabu (26/01).

Kegiatan yang dimulai pada pukul 20.00 WIB ini dipimpin oleh Mudir Ma’had TMI Putri, KH. Drs. Suyono Khattab, M.Pd,. bertempat Gedung Serbaguna (GESERNA) TMI Putri.

Dalam sambutannya, Kiai kelahiran Gili Raja, Sumenep ini menyampaikan tahapan untuk mengasah kemampuan berbahasa inggris santriwati. Pertama; Listening (mendengarkan), kedua; Speaking (berbicara), Ketiga; reading (membaca), dan terakhir; Writing (menulis).

“Every students must try speak English language, Semua santriwati harus mencoba berbicara Bahasa Inggris. Cara paling mudah berbahasa asing yaitu dengarkan dahulu apa yang dikatakan orang-orang disekitar kalian, seperti para pengurus, ustadzaat, dan teman-teman kalian. Setelah kalian dengarkan, langsung dipraktikkan. Kemudian asahlah dengan banyak membaca karangan-karangan yang menggunakan Bahasa Inggris, lalu tulislah karangan dengan menggunakan Bahasa Inggris tersebut,” terang Lulusan Magister Pendidikan Agama Islam IAN Madura ini.

Pada akhir sambutannya, beliau berharap suasana Bahasa Inggris di pondok ini terus berlanjut, “Bahasa Inggris ini harus dibiasakan. Jangan terus membiasakan rasa tidak ingin berusaha untuk mencoba berbicara Bahasa inggris,” Imbuh Beliau.

English Week yang berlangsung selama empat hari tersebut terdiri dari tiga event perlombaan diantaranya yaitu Speech, Story Telling, dan debate yang diadakan per-rayon, ditambah lomba Author yang diikuti secara individu oleh seluruh santriwati. Puncak acara ini disebut Exhibition Night.

Exhibition Night berlangsung dengan lancar dan meriah. Light Stick ditangan para santriwati, pengurus, dan  ustadzaat menambah acara keseruan tersebut. Mereka menanti lampu-lampu dimatikan saat penampilan berlangsung untuk memainkan Light Stick tersebut. Di tengah penampilan, Usth. Syahrina Purnama selaku sekretaris panitia mengumumkan pemenang juara umum yaitu rayon Saudah 1, dan juara favorit yaitu rayon Aisyah. Usth. Nabila Fajriyanti selaku ketua MPO memberikan hadiah kepada perwakilandari para pemenang, acara tersebut berakhir pada pukul 21.20 WIB (SH)

2 thoughts on “Mudir Ma’had TMI Putri Ajak Santriwati untuk Asah Kemampuan Berbahasa Inggris

  1. Pingback: Gebyar Istama, Asah Kemampuan Santri Menjadi Kompetensi Tak Sekedar Ability | TMI Al-Amien Prenduan

  2. Pingback: Pacu Motivasi Santri Untuk Gemar Berbahasa, TMI Datangkan Dua Alumni Sukses di Bidang Kebahasaan | TMI Al-Amien Prenduan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.