Al-Amien Prenduan, TMI- Kemampuan menulis menjadi salah satu aspek penting yang harus dimiliki tim Redaktur Website TMI, oleh karena itu dalam rangka mengasah kemampuan menulis tersebut,tim Redaktur Website TMI menggelar pelatihan jurnalistik (03/01) yang langsung diisi oleh salah satu Tim Ahli Redaktur Website TMI, Ust. H. Moh. Hamzah Arsa, M.Pd, di Meeting Hall TMI Putra.

Baca Juga: Tandai Babak Baru Sejarah Pondok, Pengasuh Lantik Redaktur TMI Media Center

Di awal acara pelatihan jurnalistik ini, Ust. Hamzah menyampaikan sebuah adagium atau pribahasa yang sering kali dipakai oleh seorang penulis berita.

“Ada sebuah adagium yang khas bagi seorang penulis berita yang berbunyi “Anjing Menggigit Orang vs Orang Menggigit Anjing” dalam keseharian kita sering melihat peristiwa Anjing Menggigit Orang sebagai kejadian yang biasa, akan tetapi persitiwa Orang Menggigit Anjing merupakan sebuah kejadian atau perstiwa luar biasa,” ungkapnya.

Lebih jelas lagi, ia menyampaikan bahwa setiap peristiwa yang terjadi di tengah-tengah kehidupan, tidak bisa dianggap sebagai suatu berita, akan tetapi penting bagi setiap jurnalis untuk bisa melihat secara mendalam setiap peristiwa yang terjadi melalui sudut pandang yang menarik dan nantinya bisa dikemas dalam tulisan berita.

“Karena itu hanya peristiwa yang bernilai berita saja yang perlu ditulis dan dipublish oleh kita, sementara peristiwa yang tidak bernilai berita itu sebetulnya hanya peristiwa yang biasa saja, oleh karena itu tidak perlu ditulis. Oleh karena itu, peristiwa-peristiwa yang bernilai berita itu bisa berupa kegiatan-kegiatan yang tidak rutin dilaksanakan, dan kegiatan yang mengandung unsur edukasi, informasi, dan dokumentasi, itu yang perlu dipublish,” jelasnya.

Baca Juga: Pimpinan Lantik TMI Media Center Putri

Acara Pelatihan Jurnalistik ini nantinya akan menjadi kegiatan rutin Tim Redaktur Website TMI setiap dua pekan. Materi yang disampaikan dalam pelatihan jurnalistik ini lebih mengarah pada teori dan praktik penulisan berita yang beraneka ragam, seperti berita straight news, berita opini, dan berita feature.

Dengan demikian diharapkan setiap tim redaksi nantinya akan mempunyai kemampuan yang mumpuni di setiap bidang kepenulisan berita tersebut, dan tentunya bisa bermanfaat bagi kerja tim keredaksian Website TMI.

Hal ini juga disampaikan oleh Achmad As’ad Abd. Aziz selaku Pemimpin Redaksi Website TMI dalam acara tersebut.

“Melalui pelatihan ini, kita ingin menciptakan tim redaksi yang mempunyai keahlian dalam menulis. Bakat kita akan senantiasa diasah melalui pelatihan ini, dan tentunya nanti bisa melahirkan tim redaktur yang bisa bekerja secara profesional,” ungkapnya. (AD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.