Al-Amien Prenduan, TMI – Sabtu (30/03), lima hari pelaksanaan Musyawarah Tengah Tahunan (MUSTETA) berakhir sudah. Bertempat di Auditorium TMI Pa, TMI tutup Musyawarah Tengah Tahunan, di dalamnya mencakup pengokohan dan pelantikan pengurus organtri periode II.

Baca Juga: TMI Media Center Kirim Delegasi Ikuti Pesantren Jurnalistik di PWI Sumenep

Acara itu dihadiri langsung oleh Pengasuh TMI Al-Amien Prenduan, KH. Dr. Ghozi Mubarok, MA. “Pengalaman-pengalaman terbaik, itu biasanya diperoleh oleh orang-orang yang bersungguh-sungguh menjalankan tugas,” ujar Beliau.

Di depan para santri, Putra Sulung Alm. KH. Muhammad Idris Djauhari itu bercerita tentang Thomas Alva Edison. Beliau sampaikan bahwa untuk menemukan bola lampu, Thomas telah melewati beribu kegagalan. Namun, karena ia terus mencoba dan belajar dari ribuan kesalahan, pada akhirnya ia berhasil juga.

“Jadi apa yang dianggap sebagai kegagalan, jadikan itu sebagai keberhasilan. Keberhasilan menemukan cara yang salah, agar dia tidak kembali lagi terjebak,” lanjut Kiai Ghozi. Lebih dari itu, kepada para santri, Beliau berpesan agar pada periode berikutnya, mereka harus lebih baik, semangat, dan bersungguh-sungguh.

Sementara itu, Ust. Waji, salah satu panitia MUSTETA bersyukur atas terselenggaranya seluruh rangkaian MUSTETA dengan lancar, dan tanpa halangan berarti. Ustadz asal Bangkalan itu mengungkapkan bahwa dalam pengokohan pengurus organtri periode II, terdepat beberapa perubahan.

Dia menyampaikan bahwa setiap perubahan dilakukan sebagai ikhtiar agar periode berikutnya menjadi lebih baik. “Perubahan jabatan yang diadakan untuk periode yang akan datang, tidak lain demi tercapainya target yang lebih baik,” jelasnya.

Baca Juga: Buka MUSTETA 2024, Mudir Ma’had: Orang Amanah Laksana Pohon

Lebih lanjut, penutupan MUSTETA itu menandai dimulainya Periode II dalam masa jabatan organtri ISMI. Walau demikian, program-program ISMI baru akan mulai berjalan selepas perbalikan liburan Ramadhan.(Zeal)