Al-Amien Prenduan, TMIUjian Syafahi Akhir Tahun di TMI Al-Amien Prenduan resmi dibuka, Ahad (25/02). Ujian Lisan yang akan berlansung lima hari ini, dibuka langsung oleh Pimpinan dan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, KH. Dr. Ahmad Fauzi Tidjani, MA., di depan gedung Puspagatra TMI Putra.

Baca Juga: Buka Ujian Akhir Tahun, Pengasuh Ingatkan Enam Hal untuk Persoalan Ujian

Dalam sambutannya, Beliau mengungkapkan bahwa kunci yang harus dimiliki oleh para santri untuk menghadapi Ujian adalah Fokus dan Aktif. Para santri harus memiliki fokus utama dalam meraih tujuan diadakannya ujian, yaitu untuk sarana evaluasi pembelajaran. “Kalau kalian baru mulai belajar sampai tertidur, sampai tidak makan itu namanya belajar untuk ujian, bukan ujian untuk belajar, maka kesuksesan itu datang dengan proses, step by step, yang tentunya juga harus fokus,” Ucapnya.

Selain itu, putra sulung Alm. KH. Moh. Tidjani Jauhari tersebut juga menenkankan bahwa proses yang sungguh-sungguh dari para santri, mulai dari cara belajar, muwajjah malam, bertanya kepada guru tentang apa yang tidak dipahami, merupakan bentuk keaktifan yang harus dimiliki untuk meraih kesuksesan.

“Usahamu akan menjadi jembatan kesuksesanmu, maka gunakanlah waktu-waktu terbaik untuk belajar, belajarlah di waktu shubuh, belajarah di waktu malam, dan belajarlah di waktu-waktu senggang, dan jangan lupa untuk ibadah, bermunajat, di waktu yang tepat pula,” pungkas Beliau.

Baca Juga: Maklumat Pelaksanaan Ujian Akhir Tahun

Ujian Syafahi Akhir Tahun ini akan dilaksanakan selama lima hari, dari 25-29 Februari 2024. Setidaknya melalui ujian ini, para santri akan diuji sejauh mana kemampuan mereka dalam menguasai Bahasa Arab, meliputi Muthala’ah, Nushush, Nahwu dan Shorrof. serta Bahasa Inggris, meliputi Reading, Conversation dan Grammar. Khusus santri I’dadi dan Tamhidi, Al-Qur’an dan Ibadah Amaliyah juga turut diujikan. (Iqbl)