Al-Amien Prenduan, TMI – Panitia Niha’ie laksanakan acara Workshop Keguruan untuk alumni TMI 2023, Senin (01/05). Bertempat di Auditorium TMI Pa, acara ini dihadiri oleh Pengasuh TMI, KH. Dr. Ghozi Mubarok, MA.

Di awal acara, PO. Niha’ie 2022, Ust. Moh. Samhadi, M.Ag., menyampaikan laporan acara. Dalam laporannya, beliau menyatakan bahwa dari total 192 alumni 2023, yang telah datang ke pondok sekitar 179 alumni.

Setelahnya, Kiai Ghozi memberikan sambutan dalam acara itu. Beliau menyatakan bahwa menjadi guru itu tugas yang sangat mulia. “Kita harus benar-benar percaya, bahwa tugas kita sebagai guru itu adalah tugas yang sangat mulia, sehingga secara tidak langsung diri kita menjadi mulia tanpa pengakuan dari orang sekalipun,” ujar Putra KH. Muhammad Idris Djauhari itu.

Baca Juga: Workshop Niha’ie Siapkan Santriwati Niha’ie Jadi Alumni Membanggakan

Beliau juga menyampaikan bahwa menjadi guru pengabdian tidak bisa dilakukan dengan semena-mena. Hal itu terutama bagi alumni yang akan ditempatkan di luar pondok. Selain itu, beliau juga menyatakan bahwa program ini adalah last touch atau sentuhan terakhir sebelum akhirnya para alumni akan dilepas ke tempat pengabdian masing masing.

“Workshop Keguruan ini merupakan last touch atau sentuhan terakhir bagi kalian guna mempersiapkan diri sebagai guru Al-Amien, bukan guru TMI lagi,” lanjut Alumnus Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga itu. Menurut beliau, yang akan dilihat oleh masyarakat di tempat mengabdi nanti adalah almamater yang ada di pundak para alumni.

Sementara itu, Ust. Ahmad Barisi selaku OC. Niha’ie tahun ini mengungkapkan bahwa tujuan acara ini adalah untuk mengkaderkan tenaga guru baru di lingkungan PP. Al-Amien Prenduan. Selain itu, acara ini bertujuan untuk memberikan bekal keguruan bagi para alumni baru sebelum terjun ke masyarakat.

Baca Juga: Santri TMI Kembali Sabet Juara Lomba Puisi se-Madura

“Program ini dimaksudkan untuk memberi bekal-bekal awal kepada alumni sebelum mereka mengajar dan diterjunkan ke tengah-tengah masyarakat,” jelas Ustadz kelahiran Sampang itu. Menurut beliau acara ini selain sebagai kewajiban bagi para alumni baru, juga sebagai tradisi tahunan yang perlu dilestarikan.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan 3 Presentasi Materi oleh Ust. H. Moh. Hamzah Arsa, M.Pd., Ust. Ainurrahman Abbasi, S.H.I., M.Pd., dan Ust. H. Abd. Qodir Jailani, M.Pd. Keesokan harinya, acara berlanjut pada pembacaan tempat pengabdian oleh ketua Biro Alumni, Ust. H. Harun Al-Rasyid, S.Sos.I.

Kemudian pada hari Rabu, para alumni baru akan dilantik sebagai guru pengabdian oleh Pimpinan dan Pengasuh PP. Al-Amien Prenduan, KH. Dr. Ahmad Fauzi Tidjani, MA. Pelantikan itu juga sekaligus menandai berakhirnya rentetan acara Workshop Keguruan.(Mwq/Iar)

One thought on “Workshop Keguruan, Kiai Ghozi: Guru Itu Tugas Mulia

  1. Pingback: Sebelum Dilepas, Alumni TMI Putri Ikuti Workshop Keguruan |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.