Al-Amien Prenduan, TMI – Mudir Ma’had TMI Putra, Ust. H. Abdul Qodir Jailani, M.Pd., resmi membuka Diklat Kepemimpinan Kelompok Santri (KKS), Jum’at (19/05) di Auditorium TMI Putra. Acara ini dibagi menjadi tiga sesi dengan tema yang berbeda.

Baca Juga: Pembukaan Tahun Ajaran Baru, Pengasuh: Syukur Jadi Pengikat dan Penambah Nikmat

Sesi pertama mengusung tema “Pengertian Dasar Kepemimpinan dan Management”, lalu sesi kedua bertema “Dinamika Kelompok Santri”. Adapun sesi ketiga bertemakan “Mengenal Kelompok Santri di TMI Al-Amien Prenduan.”

Dalam sambutannya, Ustadz Qodir menyampaikan kepada santri empat sifat yang harus ada pada diri seorang pemimpin. “Yang pertama as-shidqu, jujur. Kenapa jujur? Karena jujur ini sangat mahal harganya,” jelas beliau.

Baca Juga: Tak Sampai Sebulan Wisuda, Alumni TMI Raih Juara 1 Olimpiade Bahasa Arab Nasional

Sifat kedua adalah at-tabligh yang artinya menyampaikan. Beliau juga berpesan kepada para peserta KKS agar tidak takut untuk mengatakan kebenaran. “Kalian harus berani, berani menyampaikan yang benar, jangan sampai yang salah dikatakan benar, atau yang benar dikatakan salah,” himbau beliau. Sifat selanjutnya adalah amaanah (dapat dipercaya), dan yang terakhir adalah fathoonah (cerdas).

Acara ini diikuti oleh kurang lebih 408 santri, mencakup ketua dan wakil dari kelompok-kelompok di TMI Al-Amien. Meliputi kelompok kelas, kelompok kamar/rayon, kelompok dapur, kelompok pramuka, kelompok muhadhoroh, kelompok minat dan konsulat. (Elbi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.