Al-Amien Prenduan, TMI – Tabuhan rebana mengawali acara Pembukaan Kuliah Umum Kemasyarakatan 2023, Kamis malam (09/03). Bertempat di depan Masjid Jami’ Al-Amien Prenduan, acara itu dihadiri oleh Pengasuh TMI Al-Amien Prenduan, KH. Dr. Ghozi Mubarok, MA., dan Pengasuh MTA Al-Amien Prenduan, KH. Moh. Khoiri Husni, S.Pd.I.

Baca Juga: Maklumat Liburan Akhir Tahun TMI Al-Amien Prenduan

“Hari ini, malam ini, kita buka Kuliah Kemasyarakatan. Dua, tiga, empat hari lagi selesai, lalu kalian akan pulang, berlibur santri-santri Tsanawiyah,” ucap Kiai Ghozi saat memberi sambutan. Beliau menyampaikan bahwa acara ini merupakan salah satu upaya pondok untuk menjadikan liburan para santri bermanfaat.

Dalam pandangan beliau, sebuah liburan hendaknya memiliki misi, karena tanpa adanya misi, liburan beresiko menjadi liburan yang merusak. Di depan para santri, beliau menyebutkan beberapa misi yang harus dimiliki dalam liburan.

“Misi yang pertama adalah selamat,” ungkap beliau. Termasuk dalam selamat di sini yaitu para santri tidak rusak, dan tidak berubah terlalu banyak sekembali dari liburan. Hal yang akan membuat para santri tidak selamat menurut beliau adalah maksiat.

“Misi yang kedua yaitu kalian belajar,” lanjut beliau. Hal yang patut dipelajari ialah hal-hal yang positif, serta pelajaran-pelajaran yang kesempatan mempelajarinya tidak ditemukan di pondok.

Baca Juga: Workshop Kepemimpinan dan Keulamaan Hadirkan Ketua Ikatan Dai Indonesia

Adapun misi ketiga adalah berdakwah. “Berdakwah itu mengajak orang lain menuju kebaikan, menginspirasi atau mendorong atau mempengaruhi orang lain untuk melakukan kebaikan,” ujar beliau.

Misi keempat yaitu bermasyarakat. Menurut beliau, termasuk dari bermasyarakat di sini, yaitu tidak menjadi tamu di rumah sendiri.

Terakhir, misi kelima adalah menjadi duta pondok. Beliau menyampaikan bahwa ketika santri pulang, mereka pasti akan ditanya tentang pondok. Misi ini kemudian yang melatarbelakangi diadakannya Kuliah Umum Kemasyarakatan. Setelahnya acara dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh Kiai Khoiri.(Zeal)

3 thoughts on “Buka Kuliah Umum Kemasyarakatan, Kiai Ghozi Sebutkan 5 Misi dalam Liburan

  1. Pingback: Ujian Berakhir, Bazar dan Expo Dibuka | TMI Al-Amien Prenduan

  2. Pingback: Jelang Liburan Akhir Tahun, TMI kembali gelar Kuliah Kemasyarakatan | TMI Al-Amien Prenduan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.