Berita duka bertubi-tubi datang tentang kepergian guru-guru tercinta. Tepat satu bulan setelah kepergian Kiai Jakfar Sodiq, sampai pula berita duka wafatnya Kiai Marzuqi Ma’ruf. Seakan beliau-beliau sedang janjian menuju tempat yang indah, satu sama lain saling mengajak.

Kenangan tentang Kiai Marzuqi begitu banyak, terutama dalam pelajaran berbahasa Arab. Beliau pernah mengajari kami dalam pelajaran Nahwu, Balaghah, Insya’, dan menelaah Kitab Nasha’ihul Ibad.

Cara mengajar beliau yang santai, sungguh pas untuk jiwa remaja kami kala itu (remaja era 90-an, hehe). Bahkan pelajaran Balaghah yang rumit, menjadi mudah setelah beliau memberi contoh lain yang begitu dekat dengan kehidupan kami. “Ro’aitu birmiilan fit thoriiqi” adalah contoh yang trending kala itu.

Cara beliau mengajar di kelas juga menarik. Ketika kami sudah terserang kantuk, ada saja yang beliau lakukan. Suatu hari di tahun 1997, ketika kami sudah lelah belajar, tiba-tiba beliau mengangkat koran tinggi-tinggi hingga menutup wajah. Kami pun penasaran dengan apa yang beliau baca. Rupanya tentang berita kematian Lady Diana dalam sebuah kecelakaan karena dikejar paparazzi. Lucunya, ketika kami heboh, beliau santai saja seolah tidak terjadi apa-apa. Begitu rasa kantuk teman-teman sekelas hilang, koran dilipat, dan pelajaran pun dilanjutkan.

Pernah dulu, saya bingung membedakan antara mudhaf ilaih dan na’at man’ut. Dengan percaya diri saya pernah menulis jabatan saya sebagai Ketua 1 ISTAMA, dengan tulisan “رئيسة الأولي.”

Kiai Marzuqi pun memanggil saya.

“Kamu ketuanya Buk Ula?”

“Kamu ketuanya Buk Saniah?” Tanya beliau pada rekan saya, Ketua 2. Awalnya saya belum mengerti maksud beliau. Kemudian beliau menjelaskan, harusnya kami pakai “الرئيسة الأولى ،الرئيسة الثانية.”

Dari kejadian itu hingga sekarang saya paham perbedaan penggunaan Idhafah dan Na’at. Sungguh pengalaman yang luar biasa dan terkenang seumur hidup.

Kini Kamus Munjid Berjalan itu telah tiada. Semoga segala ilmu yang beliau ajarkan dapat menjadi ilmu nafi’ yang pahalanya terus mengalir kepada beliau hingga kapanpun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.