Di antara sebelas orang alumni perdana TMI Al-Amien Prenduan, Beliau salah satunya yang mengambil spesialisasi Bahasa Arab. Setelah lulus dari TMI tahun 1977, beliau melanjutkan belajar di luar negeri tepatnya di Universitas Ummul Quro Mekkah. Setelah lulus beliau kembali ke Pondok tercinta, mendedikasikan seluruh hidupnya di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan sampai akhir hayatnya.

Berbagai tugas dan jabatan beliau emban, selain sebagai guru dan dosen beliau juga menjabat sebagai Mudir Marhalah Aliyah, Mudir Ma’had, ketua KGBS Bahasa Arab, Guru Master Bahasa Arab dan Ketua Yayasan Al Amien Prenduan.

Beliau familiar dengan sebutan munjid berjalan, menjadi rujukan guru dan santri dalam bahasa Arab. beberapa karya beliau yaitu buku Mutholaah, Al-Istilahaat wa Ishlahul Akhto’, Al-Muhadatsah Yaumiyah, menemani belajar para santri dalam bidang pengembangan Bahasa Arab.

Beliau guru yang lembut tapi tegas. Pernah dalam pekan bahasa Arab kami (sebagian Pengurus ISMI 2000) tidak melaksanakan tugas, kami dihukum dapat bonus di pipi pakai kertas, yang tentu saja tidak tidak terasa secara fisik bagi santri perkasa jaman itu. Beliau berujar, “la tukarrir marrotan ukhro“. Tak ada raut kemarahan beliau dalam menghukum kami saat itu dan kami bertekad untuk tidak mengulangi kesalahan lagi. Seingat kami beliau juga senang bermain sepak bola di lapangan Al-Amien.

Ketika masa pengabdian di pondok tahun 2001-2002, kami menjadi pengampu Bahasa Arab. Setiap pekan kami kumpul KGBS di kediaman beliau, beliau membimbing kami dalam penulisan i’dad, penulisan soal, menjadi guru ideal dan lain lain.

Hari ini Senin, 16 Januari 2023 jam 16.00 beliau menghadap ke haribaan Allah SWT. setelah beberapa tahun berjuang melawan sakit yang mendera Beliau. Selamat jalan guru. Purna sudah tugas ajunan, selamat berjumpa dengan kekasih ajunan; masyayikh Al-Amien yang telah mendahului menghadap Allah SWT. “Semoga Allah SWT. mengampuni semua dosa, melipat gandakan semua amal baiknya, dan keluarga yang ditinggal diberi ketabahan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.