Al-Amien Prenduan, TMI-Panitia Penyelenggara Program Niha’ie (P3N) TMI Al-Amien Prenduan mengadakan acara Pembekalan Resensi Buku bagi santri kelas akhir (Niha’ie), di Lt. Dua Gedung Marhalah ‘Aliyah, Jum’at (12/08). Dalam kesempatan itu, Ust. H. Moh. Hamzah Arsa, M.Pd, hadir sebagai pemateri.

Baca Juga: TMI Bershalawat, Kiai Ghozi Sampaikan 3 Pesan

Beliau menyatakan bahwa konteks menulis resensi buku itu sama halnya dengan orang yang ber infaq dan orang yang bersedekah. “Ketika kita menulis resensi buku itu sebetulnya kita sedang bersedekah, tetapi bukan dalam bentuk harta melainkan dalam bentuk pengetahuan,” ujar Sekretaris Umum TMI itu.

Beliau juga menyampaikan bahwa pembekalan ini bisa menjadi suatu solusi untuk mendistribusikan karya-karya tulis santri kelas akhir. Selain itu, menurut beliau pembekalan ini juga bisa menjadi wadah untuk melahirkan penulis yg handal dan mempunyai wawasan luas.

Sementara itu, dilain tempat juga dilaksanakan Pembekalan Resensi Buku di TMI Al-Amien Putri. Acara itu dipandu oleh Ust. Ali Ibnu Anwar. Beliau juga menjelaskan hal-hal detail tentang penulisan resensi buku seperti font, ukuran font, spasi, margin, dan minimal batas kata yaitu sebanyak 850 kata atau setara dengan 4 halaman. “Jangan lupa untuk mencantumkan ISBN buku, atau International Serial Book Number,” ungkap Ustadz kelahiran Jember tersebut.

Baca Juga: Talkshow Pengembangan Minat Santriwati (PEC), Ust. Syamsul Arifin: Kuncinya Istiqomah dan Konsisten

Setelah mendapatkan pembekalan, santri kelas akhir harus membuat resensi buku setelah merampungkan buku yang telah dibaca dalam tenggang waktu tiga hari, dimulai dari tanggal 13-15 Agustus. Para musyrif dan musyrifah nantinya akan melakukan pengoreksian hasil resensi mereka pada tanggal 17-19 Agustus. Selang sehari kemudian dari tanggal 20-21 Agustus, resensi mereka akan dimunaqosyah. (rzl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.