Al-Amien Prenduan, TMI – Gema Sakral mengadakan Seminar Pengembangan Minat Santri pada Jum’at pagi (01/07) di Studio Gema Sakral. Seminar yang sekaligus berada di bawah naungan MPO itu mengangkat tema “Musik Muda Ala Santri” dan dihadiri oleh 22 santri. Dalam seminar itu diundang KH. Turmidzi Jaka, alumni TMI Al-Amien Prenduan 1992, yang pada masanya terlibat dalam pembentukan Gema Sakral.

Pada kesempatan itu, beliau mengungkapkan bahwa musik bisa menjadi salah satu media dakwah Islam di masa mendatang. Beliau juga berpesan agar bermain musik tidak dilakukan secara asal-asalan.

Baca Juga: Santri TMI Raih Juara 1 Lomba Kaligrafi Al-Qur’an Tingkat Nasional Dalam Event MTQ Pelajar Nasional 2022

Selain itu, alumni yang kini bergiat di TABUN Edu Culture Art itu menyampaikan bahwa jika seseorang ingin melakukan sesuatu dengan sempurna, maka ia hendaknya mencintai sesuatu itu. “karena di dalam cinta itu ada penghayatan dan dengan penghayatan itu mampu membentuk sesuatu hal yang sempurna,” ucap alumni yang pernah berkecimpung di Dewan Kesenian sumenep itu.

Seminar itu merupakan seminar musik pertama yang diadakan. Seminar itu digagas oleh Ust. Alfin Nail Berry selaku pembina Gema Sakral dan Ust. M. Gusti selaku PJ. Kompil di TMI. Selain itu, seminar itu tidak hanya diisi dengan sharing alumni, tapi juga diisi dengan latihan bersama.

Ust. Alfin Nail Berry mengungkapkan bahwa seminar itu bertujuan untuk memberikan wawasan pada santri tentang musik milenial ala santri. “Bahwasanya musik itu bisa menjadi sarana dakwah di masa depan nanti,” ungkap Ustadz asal Sumenep itu.

Baca Juga: Guru TMI Raih Predikat Wisudawan Terbaik Dengan Nilai IPK 4.0

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa acara ini juga bertujuan untuk mengembangkan bakat dalam diri para santri. Ia berharap agar dengan bakat yang semakin terasah, mereka bisa mendapat prestasi-prestasi. “Setelahnya, itu bisa menjadi profesi bagi mereka,” imbuhnya.

Ustadz yang lulus pada tahun 2021 itu membeberkan bahwa acara semacam ini akan diadakan lagi kedepannya dengan mengundang orang-orang yang berbakat di bidang musik. Ia juga mengungkapkan bahwa nantinya setelah Ujian Muroja’ah Mid 2 selesai, akan diadakan even Got Talent TMI Mencari Bakat. “Di situ para santri akan menampilkan kemampuan terbaik mereka dalam bermain alat musik,” pungkasnya.(AAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.