Al-Amien Prenduan, TMI- Ujian Tahriri Akhir Tahun di Ma’had TMI Al-Amien telah dibuka secara resmi oleh Pengasuh Ma’had TMI Al-Amien, KH. Dr. Ghozi Mubarok Idris, MA di depan Puspagatra, Rabu, (02/03).

Dalam kesempatan ini, KH. Dr. Ghozi Mubarok Idris, MA berpesan kepada para santri agar dapat menguasai cara belajar yang baik dan efektif. “Mengetahui cara belajar yang baik dan efisien itu penting. Misalnya pelajaran balaghah dan pelajaran nushus, cara belajar keduanya itu berbeda.”

Beliau juga menghimbau agar para santri belajar dengan sungguh-sungguh dan giat. “Belajar yang sungguh-sungguh, dengan giat, dengan mengerahkan seluruh semangat,” ungkapnya.

Baca Juga: Pengasuh TMI Ajak Seluruh Santri Untuk Tanamkan Cita-Cita yang Tinggi

Berbeda halnya dengan ujian-ujian sebelumnya, di ujian kali ini santri-santri kelas akhir berbaris layaknya para ustadz berbaris di depan santri. Sebab, nantinya mereka juga akan diminta untuk mengawas ujian tahriri ini, sebagai bentuk pendidikan bagi mereka. Hal tersebut senanda dengan apa yang disampaikan oleh PO Niha’i, Ust. Moh. Syamhadi, M.Ag.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, santri-santri kelas akhir diikutkan dalam proses pengawasan ujian akhir tahun. Hal itu dilakukan sebagai bentuk proses pembelajaran bagi mereka sebelum menjadi ustadz,” jelasnya.

Tak hanya itu, diharapkan dari adanya pelaksanaan ujian ini juga menjadi tolok ukur untuk melihat sejauh mana keberhasilan proses pengajaran dan Pendidikan di TMI Al-Amien Prenduan, terlebih selama satu tahun ini. Hal tersebut senada dengan apa yang disampaikan oleh Ketua Panitia Ujian Akhir Tahun, Ust. Fadhlurrahman Ahmad Shah.

“Dari awal pelaksanaan ujian ini, tentu kita sama-sama berharap, agar ujian ini dapat menjadi tolok ukur kesuksesan atas proses pembelajaran yang sudah berlangsung di Ma’had TMI,” terangnya.

Pelaksanaan Ujian Akhir Tahun ini diikuti oleh seluruh santri kelas I sampai kelas V TMI Al-Amien selama 10 hari mulai dari tanggal 02-13 Maret 2022 M yang akan datang. Adapun materi yang diujikan meliputi Ulum tanziliyah, Ulum Lughowiyah, dan Ulum Kauniyah serta Komdas B. (DF)

One thought on “Buka Ujian Akhir Tahun, Pengasuh Ajak Santri Kuasai Cara Belajar dengan Baik

  1. Pingback: KH. Moh. Fikri Husein; Ujian Syafahi Media Untuk Melatih Pemahaman Dengan Baik | TMI Al-Amien Prenduan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.