Al-Amien Prenduan, TMI- Ujian Syafahi resmi dibuka oleh Anggota Majlis Kiai Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, KH. Moh. Fikri Husein, M.A. tepat pada hari Rabu (16/03) bertempat di Gedung Puspagatra.

Dalam kesempatan tersebut, Kiai yang merupakan alumi TMI tahun 1978 ini berharap kepada seluruh santri Ma’had TMI Putra untuk  benar-benar mempersiapkan diri mereka sebelum pelaksanaan Ujian Syafahi, sebab berbeda dengan Ujian Tahriri, penekanan dari Ujian Syafahi terletak pada pembentukan pemahaman yang baik yang diterima setiap santri.

“Yang perlu kita pahami dan wajib kita syukuri, adanya kesempatan ini adalah benar-benar luar biasa, yaitu kesempatan Ujian Syafahi. Dimana intinya dalam Ujian Syafahi kita dilatih untuk  benar-benar mendengarkan dan menyimak dengan baik, sebelum itu men.gekspresikan apa yang kita pahami dengan sebaik-baiknya dan selengkap-lengkapnya,” ungkapnya.

Baca Juga: Buka Ujian Akhir Tahun, Pengasuh Ajak Santri Kuasai Cara Belajar dengan Baik

Lebih lanjut lagi, ia berharap pemahaman yang dihasilkan melalui Ujian Syafahi menjadi media untuk melatih hati untuk mengungkapkan pemahaman-pemahaman berdasarkan Al-Qur’an.

“Ujian Syafahi ini, bagaimana kalian akan diuji, dilatih mengungkapkan isi hati, mengungkapkan pemahaman-pemahaman yang berdasarkan Al-Qur’an,” ungkap Pengasuh Ma’had IDIA tersebut.

Di akhir nasehatnya ia senantiasa berharap, bahwa Ujian Syafahi bisa benar-benar menjadi sarana untuk mencapai ilmu yang bermanfaat.

“Jadi mudah-mudahan, Ujian Syafahi ini jadi alat, jadi sarana, jadi media untuk memperoleh ilmu yang bermanfaat, yang diamalkan dimana saja, mudah-mudahan Allah SWT membukakan hati-hati kita, pikiran kita, untuk menerima karunia ini dan mengamalkannya dengan sebaik mungkin,” tegasnya dihadapan seluruh santri.

Pelaksanaan Ujian Syafahi akan berlangsung selama 5 hari, terhitung mulai hari Rabu, 16 Maret 2022 M- Senin, 21 maret 2022 M. Adapun materi yang diujikan diantaranya, pertama Bahasa Arab 1 (Muthola’ah, Tarjamah, Nushus, dan Muhadatsah), kedua Bahasa Arab II (Nahwu, Shorrof, Balaghah, dan Kutubut Turost), ketiga Bahasa Inggris (Reading dan Comprehention, Translation, Wiseword, Grammar, Conversation, dan Dictation). unduh jadwal (AD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.