Al-Amien Prenduan, TMI – Ahad (07/11), Salah satu kegiatan yang menjadi agenda tahunan di Ma’had TMI Al-Amien Prenduan adalah kegiatan Musyawarah Tahunan (MUSTA). Tahun ini acara teresebut kembali dilaksanakan pasca kegiatan Pelatihan dan Kempemimpinan (PKM) bagi calon pengurus baru beberapa waktu lalu.

Kegiatan Musyawarah Tahunan (MUSTA) memang sudah menjadi tradisi pondok dari dahulu, dimana sebelum pergantian pengurus akan dilaksanakan MUSTA. Pengurus lama akan diminta laporan pertanggung jawaban oleh seluruh penghuni pondok, mulai dari keuangan, penyusunan GABKO (Garis-Garis Besar Organtri), dan pemerikasaan inventaris, yang semuanya dibacakan didepan santri.

Acara MUSTA dilaksanakan secara terpisah antara putra dan putri. KH. Dr. Ghozi Mubarok, M.A membuka acara yang berlangsung di Ma’had TMI Putra, sedangkan di Ma’had TMI Putri dibuka oleh Pimpinan dan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan KH. Dr. Ahmad Fauzi Tidjani, M.A.

Dalam fatwa dan nasehatnya KH. Dr. Ahmad Fauzi Tidjani, M.A. menyampaikan bahwa dilaksanakannya MUSTA adalah untuk melatih santri menjadi seorang pemimpin yang tegas dan mampu berorganisasi, serta bijak dan amanah. “Pemimpin adalah orang yang bijak, bijak hati hingga matanya untuk melihat hal yang benar atau tidaknya selain itu pemimpin harus bisa menyingkirkan sifat keras kepala agar mempunyai kepribadian yang tegas.” Tutur beliau. Pimpinan juga menambahkan bahwa seorang pemimpin harus mempunyai tiga prinsip, yaitu training, komitmen dan tegas.  

Selaras dengan apa yang disampaikan Pengasuh Ma’ha TMI Putra KH. Dr. Ghozi Mubarok, M.A, bahwa pelakasanaan MUSTA dan segala kegiatan yang ada didalamnya adalah untuk melatih kepribadian santri dalam berorganisasi, “Musyawarah tahunan ini harus melahirkan kesadaran organisasi yang benar, begitu mengikuti MUSTA kalian menjadi tahu prinsip-prinsip dasar organisasi, karena tidak ada kebaikan di dunia ini baik agama maupun dunia yang bisa dilakukan tanpa berorganisasi” tegas Pengasuh. Selain itu, KH. Dr. Ghozi Mubarok M.A juga berharap kegitan Musyawarah Tahunan ini diikuti secara serius dan penuh dengan semangat belajar yang tinggi.

Kegiatan MUSTA akan berlangsung sepekan kedepan dengan beberapa rentetan kegiatan yang sudah disusun oleh Majelis Permusyawaran Organtri (MPO) sebagai penanggung jawab penuh kegiatan tahunan ini.(zn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.