Khidmat: Pengasuh didampingi mudirin dan asatidzah saat menyanyikan Hymne Oh Pondokku dan Hymne Al-Amien Prenduan

Al-Amien Prenduan, TMI-Acara Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen (PKM, red) di Ma’had TMI telah dibuka secara resmi oleh Pengasuh Ma’had TMI, KH. Dr. Ghozi Mubarok, Ma. (Senin, 01/11).

Dalam sambutannya, pengasuh Ma’had TMI menyampaikan bahwa pendidikan dan pelatihan kepemimpinan di pondok ini adalah salah satu bagian yang paling penting dan paling asasiyah.

“Pokoknya, alumni-alumni TMI itu harus jadi pemimpin yang hebat. Apapun profesinya. Apapun keahliannya. Lembaga-lembaga lain boleh melahirkan intelektual-intelektual. Melairkan ahli-ahli. Melahirkan ilmuwan-ilmuwan. Tetapi ketika mereka berkumpul dengan alumni TMI, maka ilmuwan-ilmuwan itu, pakar-pakar itu, ahli-ahli itu, semuanya berada di bawah kepemimpinan alumni TMI.” Tutur beliau dalam sambutannya.

Pengasuh TMI: Menyampaikan fatwa nasehat yang sekaligus membuka acara secara resmi

Melalui kegiatan yang berada langsung di bawah tanggung jawab Majelis Pertimbangan Organtri (MPO, red) itu, beliau juga mengajak kepada seluruh peserta agar senantiasa menumbuhkan kesadaran potensi pemimpin yang dimiliki oleh setiap orang, terutama alumni TMI.

“Pokoknya, memang sudah takdir kalian untuk menjadi pemimpin itu. Takdir kalian itu sebagai alumni Tmi adalah menjadi pemimpin-pemimpin. Dan kalian akan melaksanakan tugas itu, melaksanakan amanah yang diberikan oleh kiyai kalian kepada kalian itu, dengan cara yang paling baik dan paling cemerlang.” Sambung beliau di sela menceritakan beberapa contoh alumni yang sudah berhasil menduduki kursi kepemimpinan di berbagai jenis jabatan dan kelembagaan. Mulai pesantren, perguruan tinggi, hingga pejabat pemerintahan.

Berdasarkan gendanya, kegiatan tahunan ini akan berlangsung selama tiga hari, diikuti oleh seluruh santri kelas V (Lima) TMI yang berjumlah 573 santri (242 santri dan 331 santriwati) dan diselenggarakan secara terpisah.

Antusias: Peserta PKM 2021 ketika acara pembukaan berlangsung

Turut menghadiri dalam acara pembukaan yang dilaksanakan di Auditorium TMI itu, K. Abd. Warits selaku Mudir Ma’had Putra, serta Ust. H. Moh. Hamzah dan Ust. H. Abd. Qadir Jaelani, selaku mudir Marhalah Aliyah dan Tsanawiyah didampingi oleh guru-guru bujang TMI dan wali kelas V (Lima).

“Malam ini, kita memulai salah satu langkah penting lagi. Antum ikut PKM, lalu setelah ini antum akan menjalani proses musyawarah tahunan. Jadi, bersiap-siap mulai sekaran. Karena di TMI ini, pengurus organtri itu, adalah bagian yang sangat vital dalam struktur pendidikan kita. Sebab sampai kapanpun, kegiatan-kegiatan santri di pondok kita ini, akan dikelola oleh para santri sendiri. Kalian nantinya akan bertanggung jawab atas semua itu, melalui perencanaan dan evaluasi, untuk kemudian melahirkan prgram-program yang berkualitas.” pungkas beliau disambut antusias para hadirin. (Az)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.