Al-Amien Prenduan, TMI – Pembukaan Pekan Raya Seni dan Budaya (PERSADA) 2024 di TMI Putri Al-Amien Prenduan resmi dibuka oleh KH.Dr. Ghozi Mubarok, MA., Sabtu (18/05), di Gedung Serbaguna (GESERNA). Tahun ini, PERSADA mengusung tema “Mengukir Sentuhan Sejarah, Menyatukan Generasi dalam Lensa Budaya”.

Baca Juga: Usung Tema MA M5, PORSENI 2024 Resmi dibuka

Secara simbolis, pembukaan ditandai dengan pemukulan Gambang oleh Pengasuh TMI Al-Amien Prenduan. Selanjutnya, diisi penampilan tarian kolaborasi daerah dengan aransemen lagu-lagu daerah.

Dalam sambutannya, Kiai Ghozi menyampaikan, pentingnya unsur seni dalam Islam. “Islam, jelas mencintai keindahan. Karena itu, sejarah dakwah Islam tidak pernah bisa dilepaskan dari kegiatan-kegiatan kesenian dan upaya untuk mencintai keindahan itu”, ujar putra sulung almarhum KH. Muhammad Idris Jauhari tersebut.

Lebih jauh beliau memaparkan bahwa even ini diharapkan mampu membawa ajaran Islam di tengah masyarakat dengan indah dan tenang. Tujuan lainnya, kata beliau, untuk memupuk semangat seni dan keterampilan santriwati.

“Tujuan akhirnya, dengan diadakannya PERSADA ini, semoga kita bisa terus berproses menjadi muslim yang lebih baik, yang dapat membawa perubahan baik dengan cara yang baik dan indah,” pungkas beliau.

Baca Juga: Bak Ketiban Durian Runtuh, dalam Seminggu Dua Anggota SSA Raih Juara 1 Lomba Puisi

Ada 35 jenis seni dan budaya yang akan diperlombakan dalam even ini, santriwati akan dibagi menjadi delapan kelompok daerah; Bangkalan, Pamekasan, Sampang, Sumenep, Kobar, Kares Besuki-Malang, Surabaya, serta Luar Jawa.