Berkembangnya zaman saat ini telah mendorong perubahan dari masa ke masa. Terutama pada masa era revolusi 4.0, masa yang membawa transformasi besar dalam kehidupan manusia yang ditandai dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Perkembangan ini, mempengaruhi perubahan terhadap aspek-aspek kehidupan, terutama dalam bidang pendidikan. Perubahan ini dapat dilihat dari cara belajar peserta didik yang menggunakan teknologi berbasis internet untuk pencapaian sebuah tujuan dalam pembelajaran.

Untuk pencapaian tersebut, dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan teknologi yang ada. Salah satunya yaitu menerapkan e-learning. Dengan demikian, Proses pembelajaran tidak harus dijumpai di kelas yang biasa dilakukan secara tatap muka (face to face) akan tetapi dapat dilakukan secara virtual.

Di era 4.0, perkembangan teknologi yang pesat menuntut untuk berfikir kritis dan memecahkan masalah, kreatif dan inovatif serta mampu berkomunikasi dan berkolaborasi. Selain itu, mampu terampil dalam mencari, mengelola dan menyampaikan informasi serta mengoptimalkan penggunaan informasi dan teknologi.

Agar dapat mengikuti perkembangan zaman di era 4.0, maka metode pembelajaran harus disesuaikan. Salah satunya yaitu melalui pembelajaran terpadu atau secara blended learning.

konsep Blended Learning ini merupakan percampuran pola belajar antara pola belajar tatap muka (face to face) dengan pola belajar virtual atau learning. Dengan menggunakan metode Blended Learning, para peserta didik dapat leluasa mempelajari materi pelajaran secara mandiri dengan memanfaatkan materi-materi yang tersedia secara online, serta  dapat berinteraksi maupun berdiskusi dengan pengajar maupun peserta didik lainnya yang tidak hanya dilakukan saat di kelas (Amin 2017).

Penerapan blended learning mampu mengakomodasi perkembangan teknologi yang luas tanpa harus meninggalkan pembelajaran tatap muka (face to face). Dengan adanya Blended Learning, siswa dapat terus belajar dan mengikuti proses pembelajaran serta mengupgrade skill. Sehingga siswa mampu bersaing dan menghadapi tantangan Pendidikan di masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.