Sebagai salah satu rayon legendaris yang ada di Ma’had TMI Putra, rayon As-Sholehah sejauh ini telah mengabdi selama 38 tahun. Usia yang panjang, bagi sebuah bangunan yang telah berhasil menjelma sebagai kawah candradimuka bagi terbentuknya generasi khoirul ummah.

As-Sholehah menjadi salah satu bagian rayon atau asrama yang sejauh ini menjadi salah satu asrama santri tertua di kompleks Ma’had TMI Putra. Rayon ini menyimpan sejuta kisah bagi para santri pada zamannya. Selama puluhan tahun rayon As-Sholehah menjadi tempat terbaik bagi para santri menempa diri, mengasah jiwa. Pahit manis cerita terukir dan dialami oleh sekian banyak alumni TMI yang pernah singgah di rayon ini.

Rayon As-Sholehah dibangun oleh salah seorang dermawan Prenduan bernama H. Jufri pada tahun 1984. Melihat kembali sosok H. Jufri, dia adalah salah satu dermawan yang banyak menyumbangkan kekayaannya dengan memberikan sumbangasih bantuan kepada pondok dengan mendirikan beberapa bangunan asrama santri di antaranya As-Sa’adah, As-Sholehah, As-Syifa’, dan Al-Jufri.

Pada tahun ini, tepat pada hari Rabu, 19 Januari 2022 rayon As-Sholehah “dibongkar” untuk kembali dibangun. Semua material akan diolah kembali. Bata, tembok, genting, dan material lainnya digiling ulang dan dijadikan sirtu (pasir batu). Begitu juga dengan kayu, yang bisa dipakai akan tetap digunakan. Hal ini dilakukan agar jariyah dari alm. H. Jufri terus mengalir dan bermanfaat. As-Sholehah baru direncanakan dua lantai dengan 12 kamar santri, 2 kamar guru, dan 2 kamar Mu’allim dengan estimasi biaya sekitar 2 Miliar. Direncanakan pembangunan ulang As-Sholehah selesai dalam 7 bulan ke depan.

Mohon dukungan doa dari semua pihak, mudah-mudahan pembangunan As-Sholehah berlangsung lancar, aman, tepat waktu, dan barokah. Bagi para alumni, muhsinin, dermawan, dan simpatisan yang berkenan membantu secara material, panitia menerima dengan tangan terbuka. Mudah-mudahan menjadi amal jariyah yang pahalanya terus mengalir hingga Hari Akhir kelak. Amin. Bantuan bisa diantarkan langsung ke lokasi pembangunan di Kompleks TMI Putra Al-Amien Prenduan. Bisa juga menghubungi Pimpro pembangunan Ust. Baihaqi (081935152316/085259490808) Terakhir, mudah-mudahan pembangunan ulang rayon As-Sholehah berbarengan dengan taufiq, hidayah, dan ma’unah Allah SWT, sehingga rayon ini mampu menjalankan fungsinya sebagai kawah candradimuka lahirnya ulama yang cendekiawan, pemimpin muslim masa depan, dan santri-santri yang memiliki “jiwa guru” serta siap mengabdi di masyarakatnya ketika pulang kampung kelak. Aaminn..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.