Innalillah wa inna ilaihi rajiun. Kabar duka di awal tahun 2021 datang dari keluarga besar Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Jawa Timur, salah satu Angota Majlis Kyai dan juga Pengasuh Ma’had TMI Al-Amien Prenduan, KH. M. Zainullah Rois, Lc meninggal dunia.

Beliau wafat pada hari Jum’at, 17 Jumadal Ula 1442 H. / 01 Januari 2021 pukul 16.20 WIB di RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Almarhum meninggal akibat sakit.

Kabar wafat almarhum disampaikan oleh Ust. Ainurrahman Abbasi, selaku Humas TMI Al-Amien Prenduan dan juga Koordinator Harian PP. Al-Amien Prenduan.
“Innalillahi wa inna ilaihi rojiun telah berpulang ke Rahmatullah KH. Moh. Zainullah Rois, Lc. Pada jam 16;20. Semoga amal ibadahnya diterima oleh Allah, Amien.” kata Ust. Ainur melalui pesan (01/01/2021).

Lahir di Sumenep pada tanggal 07 Agustus 1956, KH. M. Zainullah Rois adalah Putra dari pasangan H. Moh. Rois dan Hj. Mugirah. Beliau menamatkan pendidikan dasar di MI Mabdaul Falah Kaduara Barat pada tahun 1971.

Beliau mendaftar di TMI Al-Amien Prenduan pada tanggal 08 Agustus 1971 dan tamat sebagai alumni perdana TMI Al-Amien Prenduan pada tahun 1977. Setelah tamat dari TMI beliau melanjutkan studi ke Universitas Madinah dan meraih gelar Lc setelah tamat pada tahun 1985.

Setelah menyelesaikan pendidikan beliau di luar negeri, KH. M. Zainullah Rois kembali ke Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, jabatan yang pernah beliau pegang di antaranya adalah sebagai Ketua MPO TMI Al-Amien Prenduan, Kepala Biro Alumni Yayasan Al-Amien Prenduan, Kepala SMP Ma’had Tahfidh Al-Quran Al-Amien Prenduan, Kepala SMA Ma’had Tahfidh Al-Quran Al-Amien Prenduan, Pengasuh Ma’had Tahfidh Al-Quran Al-Amien Prenduan (2007 s/d 2012), dan Pengasuh Ma’had TMI Al-Amien Prenduan (2011 s/d 2020) yang beliau jabat hingga wafat.

Almarhum dimakamkan di kompleks pemakaman Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan. Beliau dimakamkan di dekat makam KH. Muhammad Tidjani Djauhari, KH. Muhammad Idris Djauhari, dan KH. Maktum Jauhari.

Selamat jalan Pak Kyai. Kami bersaksi bahwa Pak Kyai adalah orang baik. Semoga ilmu yang Antum ajarkan kepada kami dan juga pengabdian Antum di Al-Amien Prenduan menjadi amal jariyah hingga akhir zaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.