Ujian adalah salah satu sunnah Allah, yang artinya manusia tidak akan bisa lepas dari ujian di manapun dan kapanpun. Dengan ujianlah manusia bisa dianggap mulia atau malah sebaliknya.

KH. Fauzi Rosul, Lc

Setelah sekitar menghabiskan waktu kurang lebih tiga bulan untuk penyampaian materi pelajaran kepada para santri, sudah saatnya untuk mengevaluasi hasil belajar mereka selama ini. Melihat sejauh mana pemahaman mereka terhadap materi tersebut dan seberapa baik kualitas guru pengajar materi tersebut dalam kegiatan belajar mengajar.

Evaluasi yang biasa diadakan tiap pertengah semester berupa ujian tulis yang dilaksanakan sekitar sembilan hari. Pagi di awal Bulan September (1/9) tepat pukul 06.00 WIB, ujian MID semester 1 resmi dibuka oleh KH. Fauzi Rosul. Acara pembukaan resmi yang dihadiri juga oleh mudir ma’had dan marhalah tersebut mendapat sambutan yang baik oleh para santri khususnya kelas satu dan satu intensif yang merupakan pengalaman baru bagi mereka mengikuti ujian di Pondok Pesantren Al-Amien.

Dalam amanat beliau, KH. Fauzi Rosul memberikan motivasi pada para santriwati agar lebih percaya diri terhadap hasil yang didapat dari kerja tangannya sendiri. Untuk mendapat hasil yang baik tentunya diikuti usaha yang tidak biasa-biasa saja. Harus belajar keras dan tekun agar menuai hasil yang memuaskan. “التعلم للامتحان ليس الامتحان للتعلم” ujar beliau ketika sampai pada pembahasan tentang relasi antara ujian dan belajar. Selain itu beliau juga mengatakan bahwa ujian adalah salah satu sunnah Allah, yang artinya manusia tidak akan bisa lepas dari ujian di manapun dan kapanpun. Karena hanya dengan ujianlah manusia bisa dianggap mulia atau malah sebaliknya. (ar/avs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.