(Menjelang Liburan Pertengahan Tahun 1434-1435 H./ 2013-2014 M

TMI Putri, pada setiap menjelang Liburan Pertengahan Tahun mengagendakan acara yang dikemas dalam bentuk KULMAS –Kuliah Umum Kemasyarakatan– yang wajib diikuti oleh seluruh santri tanpa terkecuali, yaitu mulai dari shof Syu’bah-Shof VI. Walaupun khususnya bagi santri kelas VI –Niha’ie– harus tetap bermukim di Pondok dan tidak berlibur selama 10 hari, sebagaimana adik-adik kelas lainnya (Syu’bah-Shof V).

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, acara ini dibuka setelah berakhirnya Ujian Tahriri Akhir Semester I/ UAS I pada Rabu (08/01/2014) siang, yang mana ujian ini berlangsung selama 9 hari. Kemudian dilanjutkan dengan acara Sujud Syukur yang dipimpin oleh Mudir Marhalah Aliyah Ust. H. Harun Ar-Rasyid, S.Sos.I di Geserna setelah pelaksanaan Shalat Ashar. Selanjutnya tepat pada malam harinya acara Pembukaan Kulmas dilaksanakan dengan diikuti oleh seluruh santri, ustadzah, para Nyai dan Mudir-mudir.

Dalam acara pembukaan ini bertempat di Geserna TMI Putri dan dibuka secara resmi oleh Pengasuh Ma’had TMI KH. Moh. Zainullah Ro’is, Lc. Dalam sambutannya beliau berpesan, “Agar seluruh santri harus betul-betul menghormati kedua orang tuanya. Dia datang/pulang ke rumah bertemu dengan orang tuanya dan mencium tangan mereka seraya menundukkan kepalanya dengan ta’dzim. Dan bahwasannya sebaik-baiknya jihad adalah berjihad dan mengabdikan diri kepada kedua orang tua. Bukan malah sebaliknya. Na’udzubillah. Dan supaya lebih banyak mendo’akan untuk keduanya, karena hal ini akan mendatangkan rizki bagi mereka.”

Acara ini berlangsung selama 4 hari, yang terhitung dari hari dibukanya yaitu pada Rabu malam sampai acara puncaknya yaitu Jabat Tangan pada hari Ahad pagi. Yang juga dalam acara Kulmas ini, akan banyak pembekalan berupa Tausiyah dan pemantapan Materi oleh para Instruktur terpilih berdasarkan Materi Kepondokan yang sudah teragendakan.

Akhirnya, semoga dari acara ini para santri siap untuk berlibur sekaligus juga berdakwah dan berjihad di jalan Allah. (bintu alif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.